Pemerintah Desa Ceringin asri dan BUMDES Tunas Jaya Bergerak Maju Bersama BUMD Pesawaran.

211

Pesawaran,- {BN.Net} Pada 1902 Pemerintah Hindia Belanda jadikan hutang gedong tataan sebagai pusat pertanian kopi dan kakao(KOKA). Kemudian keresiden kedu pada 1905 pindahkan 155KK pengikut setia pangeran di ponegoro dari desa bagelen – purworejo ke hutan gedong tataan di keresidenan Lampung untuk laksanakan program perluasan areal pertanian(KOLONISASI). Sehingga sepanjang tahun 1905-1943 pemerintah Hindia Belanda memindahkan masayarakat dari pulau Jawa ke Lampung kurang lebih sebanyak 51.000KK yang juga di tempatkan ke kolonisasi hutan gedung wanggi, hutan Pedang ratu dan hutan sukadana, Sabtu, (19/12/2020).

Kemudian presiden Sukarno lanjutkan kolonisasi jadi program TRANSMIGRASI dan pada tanggal 12/12/1950 di tetapkan sebagai hari transmigrasi setelah membentuk areal hutan gedong wanggi jadi daerah bernama sribawono. Sampai kemudian di gedong tataan di bangun musium transmigrasi yang di dunia hanya ada di kabupaten pesawaran. Musium transmigrasi awalnya di kelola oleh pemerintah provinsi Lampung dan di era kepemimpinan Bapak BUPATI Pesawaran H. Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P musium transmigrasi telah di kelola oleh Pemerintah Daerah kabupaten pesawaran.

Bapak BUPATI H.DENDI juga telah mendirikan Perusahaan Perseroaan Daerah(PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD pesawaran yang di amanakah untuk jadi mercusuar pertanian yang menopang kemajuan nusabangsa Indonesia khususnya kemajuan desa-desa di kabupaten pesawaran.

Step by step Manpower di BUMD pesawaran melaksanakan amanah pak BUPATI setelah menjadikan desa Legundi di pulau Legundi, kecamatan punduh pidada jadi produsen garam, lobster, rumput laut, Nipah, Wisata, dll. Kini fokus di desa ceringin asri, kecamatan wayratai.

Pada hari Kamis,17/12/2020 Kepala desa Ceringin asri PRADIPTO bersama SEKDES dan Direktur BUMDES tunas jaya asri kunjungan kerja ke kantor pusat BUMD pesawaran di HORTIPARK JL.Baru Negeri Sakti, Kecamatan gedong tataan. Dalam rangka Untuk pengembangan program RE-COCOA Organik tahap ke-3. Maka pada hari Sabtu,19/12/2020 DIRUT BUMD Pesawaran di dampingi Deputy General Manager Maritim dan investasi Firman Jaya,SH., Deputy General Manager Export Import dan Enterpreneur sosial H.Zainudin., Branch Manager BUMD pesawaran kantor cabang kabupaten pesawaran Aan Saputra,SH.Ti kunjungan kerja ke desa Ceringin asri.
Hasil musyawarah dengan bapak Kepala Desa Ceringin asri PRADIPTO dan Jajarannya bersama Direktur BUMDES Tunas Jaya Asri PRADIANTO di sepakati, sebagai berikut:
~>BUMDES Tunas Jaya Asri sebagai mitra BUMD Pesawaran siap mendirikan pabrik untuk memproduksi:
1.Pupuk Organik Cair plus multifungsi.
2.Pupuk padat organik tricocomposiana
3.Pestisida Nabati
4.Fungisida Bacterium
5.Kompor gas Ecogreen
6.Mesin pengolahan minyak atsiri
7.Robotic dan techno pertanian
~>Mengalang modal kerja untuk pendirian pabrik dari INFAK 200 petani coklat binaan tahap 1 dan 2, yakni:
1.Infak wajib bulanan
2.Infak gotong royong mingguan
3.infak toleransi dua mingguan
4.Penyertaan modal dari BUMDES dan BUMD pesawaran.
~>Pelaksanaan program Kapulaga organik makmurkan petani Indonesia(KOMPI) pada lahan RE-COCOA Organik dan/atau lahan pertanian organik lainnya.
~>Pendirian Bank Pangan, Energi, Teknologi, Agribisnis, Nelayan dan Industri(PETANI)
~>Pendirian Rumah Kreatif, Inovatif, Tangguh Andan jejama(KITA)
~>Wisata Coklat Organik Terintergrasi:
Star point dari gedung kemilau pesawaran di HORTIPARK yang jadi pusat rumah Produksi coklat-BUMD pesawaran, Bank PETANI, DEKRANASDA, Galery aneka produk BUMD pesawaran, Caffe and resto.
Dari gedung kemilau pesawaran ke wisata alam kebun entres coklat desa Ceringin asri., ke rumah KITA tempat pembibitan coklat stek klon MCC-01, MCC-02, CHR, Produksi jamur tiram dan produksi furniture batu fosil dan permata alam., Ke kebun RE-COCOA Organik., Ke wisata air terjun dan wisata kayu tuha., Kembali lagi ke gedung kemilau pesawaran. Untuk tamu luar daerah di siapkan penginapan di homestay kemilau pesawaran-kota bandar Lampung dengan fasilitas angkutan Pesawaran Trans Kawula dan wisatawan (PESAN KITA).

BACA JUGA:  Arinal Djunaidi Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan 8 Pimpinan Tinggi Pratama.

Dalam waktu dekat ini akan di adakan musyawarah lanjutan untuk merealisasikan hal-hal tersebut di atas. Kemudian Deputy General Manager Kerjasama dan Hubungan antar lembaga Indra saat ini sedang menggalang kerjasama dengan negara-negara di Afrika. Kerjasama yang di jalin juga telah terkoneksi dengan dubes Indonesia dan negara-negara di Afrika. Insyaallah dalam waktu dekat ini tamu BUMD pesawaran dari Afrika akan lawatan ke kabupaten pesawaran untuk melakukan kerjasama kemitraan agribisnis dengan BUMD pesawaran. (A. Gani)