Optimasi Lahan Rawa Provinsi Lampung Danrem 043/Gatam Tanda Tangani Nota Kerjasama.

Bandar Lampung,- (BN.Net) Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga S.I.P., M.H menanda tangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Kegiatan Optimasi Lahan Rawa Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021, bertempat di Aula Ahmad Yani Makorem 043/ Gatam Jalan Tengku Umar No 85 Kelurahan Penengahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Jum’at (09/07/2021)

Dalam sambutannya Komandan Korem menyampaikan, sangat mendukung program pemerintah ini dalam rangka pencapaian swasembada pangan, Kementrian Pertanian (Kementan) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengawal peningkatan produksi komoditas pertanian.

“Hal ini sesuai Nota Kesepahaman antara Kementrian Pertanian dengan TNI tentang dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan Pertanian No: 10/MoU/HK.220/M/4020 dan No: NK/10/IV/2020/TNI tanggal 1 April 2020 Serta Perjanjian Kerjasama antara Dirjend. Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian dengan TNI-AD tentang program kerja sama dalam mendukung ketahanan pangan melalui penyediaan Prasarana dan sarana Pertanian No: PKS/B/08/2020 dan No: PKS/23/VIII/2020 tanggal 13 Agustus 2020,” ucap Drajad Brima Yoga.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Provinsi Lampung mendapatkan alokasi kegiatan optimasi lahan rawa seluas 4.000 ha yang tersebar di Lima Kabupaten yaitu, Lampung Selatan, Pesawaran, Mesuji, Tulang Bawang dan Lampung Timur masing-masing seluas 800 ha. Dari 5 Kabupaten ini masuk dalam wilayah kerja Kodim jajaran Korem 043/Gatam yaitu, Kabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran masuk dalam wilayah Kodim 0421/Lampung Selatan, Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji masuk dalam wilayah Kodim 0426/Tulang Bawang dan Kabupaten Lampung Timur di dalam wilayah Kodim 0429/Lampung Timur.

Dalam rangka peningkatan Prasarana dan Sarana Pertanian jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 043/Garuda Hitam pada beberapa tahun kebelakang telah menjalin kerjasama dengan pihak Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, seperti kegiatan cetak sawah sejak tahun 2016 sampai dengan 2019, serta kegiatan brigade Alat dan Mesin Pertanian di seluruh Kodim yang tersebar di Provinsi Lampung, dan tentunya kegiatan-kegiatan pendampingan pembangunan pertanian lainnya.

BACA JUGA:  Capres Ganjar Pranowo Sambangi PWI Pusat: “Pers Harus Luruskan Informasi Yang Bengkok”

“Kami merasakan pembangunan pertanian sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama dipedesaan, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan stabilitas keamanan di daerah.
Semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan untuk mendukung program nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045. Kepada jajaran TNI di daerah kami menghrapkan dapat bekerjasama dengan jajaran pertanian di daerah,” Tambahnya.

Hadir dalam Kesepakatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir.Kusnadi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Selatan Ir.Bibit Purwanto, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji
Pariman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Nurmansyah, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Timur David, Kasi Ops Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Benny Suharto, Dandim 0421/Lampung Selatan
Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos.,M.Tr.(Han), Dandim 0426/Tulang Bawang Letkol KAV Joko Sunarto S.Sos.,M.Han., Dandim 0429/Lampung Timur Letkol Kav Muhammad Darwis.

Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan Masker, Menjaga Kebersihan dan menjaga jarak. (*)