Kemenpora RI menggelar Tes Pemanduan Bakat di Tubaba.

Tulang Bawang Barat,- (BN.Net) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Tes Pemanduan Bakat atau Talent Scouting di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Kegiatan tersebut berlangsung di GOR ZA Pagar Alam, Tiyuh Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU), Tubaba. Selasa, (21/09/2021)

Dalam kesempatan itu, Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP melalui Wakil Bupati Fauzi Hasan,SE,MM menyampaikan, bahwa kegiatan itu sesuai dengan amanat President RI. President mencanangkan Desain Besar Olahraga Nasional dengan meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga, penggunaan big data, dan menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional.

“Sejumlah pihak berkepentingan telah dilibatkan dalam penyusunan desain besar tersebut, dengan menargetkan agar atlet-atlet Indonesia pada tahun 2032 mendatang mampu bersaing dengan atlet-atlet negara lain dalam penyelenggaraan olimpiade dan paralimpiade di tahun tersebut”, ungkap Wabup Fauzi yang membacakan Sambutan Bupati Tubana, saat menghadiri acara pembukaan talent scouting tersebut.

Perlu diketahui, lanjutnya, saat ini Indonesia tengah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032 mendatang.”Oleh karena itu, Kabupaten Tubaba menyatakan siap mendukung dan mengirimkan atlet terbaiknya dalam agenda besar tersebut. Desain besar ini akan kita dorong karena ini adalah perencanaan tentang prestasi olahraga nasional jangka panjang. Tidak ada prestasi yang kita dapatkan by accident, prestasi harus kita dapatkan by design”. ulasnya.

Ditempat yang sama, Dr. Matsuri, M.Pd, selaku Instruktur Pusat dari dari Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI menerangkan,talent scouting ini digelar dalam rangka pencarian bakat terhadap peserta.”Jika didapat peserta memiliki bakat dan memenuhi syarat sebagai atlet, maka selanjutnya akan dilakukan pembinaan secara berkelanjutan untuk dijadikan atlet berprestasi kedepannya,”ujarnya singkat.

BACA JUGA:  DPRD Provinsi Lampung Meminta Instansi Terkait Untuk Segera Dapat Melakukan Investigasi Perihal Limbah.

Terpisah melalui Kontak WhatsApp Nya, Mansyur Ketua Pelaksana menjelaskan, tes pemanduan bakat atau talent scouting yang dilaksanakan di Kabupaten Tubaba ini diikuti sebanyak 400 peserta usia 12-14 tahun.”Mereka ink siswa-siswi tingkat SMP atau sederajat dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, dan dalam satu hari masing-masing 4 sesi,”terangnya.

Mansur menambahkan dari kegiatan tersebut, Pemkab Tubaba optimis akan terpupuknya semangat berprestasi para Pemuda hususnya dibidang olah raga. “Kedepannya akan kita cari siswa2 berbakat di cabang olahraga yg nntinya akan kita bina secara berkelanjutan dan pada akhirnya kita akan memiliki atlit-atrlit yang berbakat dan berprestasi baik di tingkat Kabupaten, propinsi dan nasional”, tutupnya. (Evendi)