Pengelola Islamik Center, Dinas PUPR Berkoordinasi Dengan Dinas Perikanan Tangani ikan-ikan Yang Mati di Kolam Tempat Wisata.

670

Lampung,- (BN.Net) Pengelola Islamic Center Tubaba pastikan segera tangani kondisi terkait adanya ikan-ikan mati dan mulai busuk didalam Kolam pada tempat Wisata tersebut. Penangangkatan bangkai ikan merupakan langkah awal sebelum dilakukan tindakan setelah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan setempat.

Ditemui di Sesat Agung, Kompleks Islamik Center Tubaba, Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang tengah, Aripin Koordinator Lapangan Lokasi Wisata tersebut mengungkapkan Kondisi yang terjadi pada Kolam merupakan dampak dari proses sirkulasi penggantian air. Rabu,(22/09/2021)

“ikan-ikan yang mati dan mulai busuk ini biasanya terjadi pada saat kita lakukan penggantian air dalam Kolam. Beberapa hari lalu, itu memang kita lakukan perawatan untuk sirkulasi air Kolam dan biasanya memang ada yang mati beberapa karna perubahan suhu dan PH”, ungkap Aripin.

Menurut Nya, pelaksanaan sirkulasi air Kolam merupakan proses yang juga berdampak pada turunnya debit air. Dan hal tersebut dinilainya akan berakibat pada penyempitan gerak ikan dalam Kolam, sehingga timbul potensi-potensi gangguan pada Kesehatan ikan.

“Saat sirkulasi air berlangsung, biasanya debit air kolam juga menurun. Kemungkinan karna ruang gerak yang berubah, ikan-ikan jadi stres dan ada yang mati. Dan ini biasanya terjadi pada saat Sirkulasi air di musim panas”, tutur Aripin.

Aripin menambahkan PUPR Setempat selaku Pengelola telah mengajukan pengurangan jumlah ikan dalam Kolam dan belum dapat dianggarkan. Meski demikian, selaku koordinator Lapangan Dirinya memastikan kinerja dalam pelayanan selalu dilaksanakan dengan maksimal.

“Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengelola Komplek Islamik Center Tubaba, Dinas PUPR kita tengah mengajukan pengurangan jumlah ikan. Saat ini, kita tengah menunggu persetujuanya, dan tetap melaksanakan kiat-kiat dalam pelayanan dengan semaksimal mungkin”, sambungnya.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Lampung Meresmikan Rehabilitasi Gedung STAI Al Maarif

Terpisah Dinas PUPR Tubaba, melalui salah satu Pegawai pada Bidang Cipta Karya, membenarkan terkiat pengusulan untuk pengurangan jumlah ikan dalam Kolam Islamik Center Tubaba. “Kita telah ajukan untuk Pengurangan Volume ikan di dalam Kolam Islamik Center kita”, ungkap Nurul salah satu Kasi di Bidang Ciptakarya PUPR Tubaba, yang ditemui terpisah di Ruangan kerjanya.

Pihak PUPR Tubaba, Lanjut Nurul akan terus memaksimalkan pelayanan dalam hal Pemeliharaan dan Perawatan. Dalam hal tersebut, Koordinasi dengan Dinas Perikan terus dilakukan guna terwujudnya Pelayanan yang semaksimal mungkin.

“Untuk teknis kegiatan yang berkaitan dengan ikan, kita terus berkoordinasi dengan Dinas Perikanan yakni Pak Jati. Sehingga, apa yang kita laksanakan selama ini dan nantinya dapat memberikan hasil yang semaksimal mungkin”, pungkas Nurul. (Evendi)