TACB Metro Ajak TACB Seluma Nikmati Kota Lewat Walking Tour.

Kota Metro,- (BN.Net) Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Seluma Bengkulu mengunjungi Sekretariat TACB Metro pada Kamis (18/11/2021).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus berdskusi terkait pelesytarian cagar budaya di daerah masing-masing.

Lima Orang personel TACB Seluma ini juga sebelumnya diajak menikmati Metro Historical Walking Tour yang dipandu oleh Adi Setiawan, guru sejarah yang juga pengelola penerbitan buku Pensil Bersejarah.

Ketua TACB Seluma Yandra Gusmati mengatakan kedatangan pihaknya adalah dalam rangka bertukar pengalaman terkait penetapan cagar budaya yang ada di daerahnya.

“Kami memiliki Rumah Pangeran yang akan kami tetapkan menjadi cagar budaya dalam waktu dekat ini,”jelasnya.

Sementara Hendri Sekretaris Disdikbud Seluma mengatakan Metro sangat aktif dalam isu-isu pelestarian cagar budaya.

“Kami apresiasi perkembangan pelestarian cagar budaya di Kota Metro yang menginspirasi kami untuk datang melihat langsung,”ungkapnya.

Ketua TACB Metro I Made Giri Gunadi mengatakan bahwa kedatangan TACB Selua dalam rangka berdiskusi terkait proses penetapan objek cagar budaya yang telah dilakukan oleh Kota Metro.

“Sementara Walking Tour ini dalam rangka mengenalkan Kota Metro dan objek-objek cagar budaya yang ada dalam waktu yang singkat,”jelasnya.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Metro Seprita mengapresiasi kedatangan TACB Seluma dalam rangka membangun sinergi dan tukar informasi terkait pelestarian cagar budaya.

“Alhamdulillah, Kota Metro dalam waktu yang singkat di tahun 2021 ini telah menetapkan empat bangunan cagar budaya dan telah mulai berusaha menagktifkan wisata sejarah dan cagar budaya sebagai salah satu upaya memperkenalkan Kota Metro,”jelasnya.

Seprita menambahkan bahwa pada tanggal 25 November mendatang pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dispusarda dan TACB mengelar walking tour dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional.

BACA JUGA:  KPK Gelar Tangkap Tangan Terkait Perkara Dugaan Suap Pengadaan Bansos Covid-19.

Sementara itu Kasie Cagar Budaya Disdikbud Kota Metro Heri Widarto mengajak para peserta berkeliling melihat Rumah Informasi Sejarah (RIS) Kota Metro yang lokasinya disatu areal dengan sekretariat TACB Metro.

Terpisah Kadisdikbud Suwandi mengatakan bahwa upaya pengenalan sejarah dan cagar buday aKota Metro kepada masyarakat khususnya generasi muda juga terus dilakukan.

“Salah satunya adalah dengan menyampaikan usulan draft surat edaran walikota yang tengah dikaji sebelum diterapkan,”pungkasnya. (Red)