Nasabah LKM Ciomas Datangi Kantor DPRD Menuntut Haknya Kembali.

Serang,- (BN.Net) Kuasa Hukum Nasabah PT LKM Ciomas (dalam Likuidasi) Asep Ubaidilah, S.H meminta skema penyelesaian/pemberesan terhadap Klien nya dan kepada semua Nasabah dan Deposan LKM Ciomas yang sampai Desember 2021 ini belum juga dikembalikan hak tabungan dan depositonya, Serang 06 Desember 2021.

Sebelumnya, Asep bersama Nasabah LKM Ciomas mendatangi kantor DPRD Kabupaten Serang untuk meminta kejelasan penyelesaian hak Nasabah sesuai dengan hasil Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Nomor : 584.3/066/IV-21/PT.LKM.CMS dan telah mendapatkan Penetapan Pengadilan Negeri Klas 1A Serang Nomor : 100/Pdt.P/2021/PN.Srg pada tanggal 25 Mei 2021 adapun isi dari putusan tersebut, yang pada pokoknya menyatakan Pemerintah Kabupaten Serang selaku pemegang saham mayoritas agar segera menyelesaikan seluruh kewajibannya kepada para nasabah PT. LKM Ciomas melalui APBD Kabupaten Serang.

Pembahasan penyelesaian Nasabah LKM Ciomas berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Serang dengan di hadiri oleh H. Agus Wahyudiono (Ketua Komisi III DPRD Kab. Serang/anggota Banggar), H. Tb. Baenurzaman/Pak Beben (Komisi IV DPRD Kab. Serang/anggota Banggar), Ilham Perdana, S.H,M.H. (Kasubag Perundang-Undangan Setda Kab. Serang), H. Dedi Suhendi, S.E., MS.i (Kasubag BUMD Setda Kab. Serang)  dan Akhmad Syarifudin, S.E selaku Ketua Tim Likuidator PT LKM Ciomas (dalam Likuidasi).

H. Agus Wahyudiono (Ketua Komisi III DPRD Kab. Serang/anggota Banggar) menjaskan bahwa Peluang penyelesaian hak nasabah LKM Ciomas untuk dimasukan ke APBD murni TA 2022 sudah tidak memungkinkan, khusus untuk penyelesaian jalur APBD adalah melalui APBDPerubahan sekitar bulan oktober/nopember 2022. Namun sebelum melalui APBDPerubahan, ada upaya-upaya atau opsi-opsi penyelesaian yang harus ditempuh antara lain  pengalihan Penyertaan Modal Daerah/PMD untuk BJB senilai Rp 14 Milyar mudah-mudahan memungkinkan dialihkan sebagian untuk penyelesaian tabungan nasabah LKM Ciomas.

BACA JUGA:  M. Firsada Keliling Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan

Kemudian, Akhmad Syarifudin, S.E selaku Ketua Tim Likuidator PT LKM Ciomas (dalam Likuidasi) Menyampaikan opsi penyelesaian melalui Aset LKM Ciomas yaitu Aset bergerak dan tidak bergerak serta Aset tagihan kredit macet. Tim likuidasi akan segera melakukan penagihan kredit macet dan penjualan aset milik PT LKM Ciomas yang hasilnya akan dibayarkan terlebih dahulu kepada para Nasabah dan Deposan LKM Ciomas.

Kuasa Hukum Nasabah LKM Ciomas, Asep, meminta komitmen kepada pihak Banggar DPRD dan Pemkab Serang untuk menepati opsi penyelesaian hak Nasabah sesuai yang dibahas dalam rapat tersebut. Jangan lagi hanya sebatas janji dan tidak ada realisasinya seperti yang terjadi sebelumnya pada awal tahun 2020. Asep bersama Nasabah LKM Ciomas menyayangkan dan kecewa terhadap Banggar DPRD yang tidak memasukan list tagihan para Nasabah dan Deposan LKM Ciomas dalam pembahasan penetapan APBD murni TA 2022 sesuai penetapan Pengadilan Negeri Serang.

Pada akhirnya hasil rapat menyampaikan skema penyelesaian Nasabah LKM Ciomas ini dengan cara melalui APBD Perubahan TA 2022, disamping itu juga penyelesaian melalui pengalihan PMD BJB sebagian untuk penyelesaian Nasabah LKM Ciomas serta penyelesaian melalui penjualan Aset bergerak dan tidak bergerak dan Aset kredit macet yang akan segera ditagih oleh Tim Likuidator. (*)