Wirahadikusumah Optimis Olahraga E-Sports Dapat Maju Dan Berkembang.

119

Bandar Lampung,- (BN.Net) Komandoi ‘pasukan’ milenial, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah optimis olahraga olahraga E-Sports dapat maju dan berkembang di kalangan PWI Lampung.

Ungkapan ini disampaikanya pada seksi wartawan olahraga PWI (SIWO-PWI) Lampung usai latihan sepakbola bersama di Hajimena, Natar, Minggu (16/01/2021).

Pesan ini juga termasuk dalam upaya membangun semangat olahraga Lampung Berjaya, karena kekinian e-sport sudah diakui olah KONI sebagai cabang Olahraga.

“Kemaren ada masukan dari anggota kita bahwa ada kini E-sports berkembang pesat di Lampung, rasanya tidak salah kalau kita di PWI Melalui seksi wartawan olahraga mengagas ini,” kata Ketua PWI Wirahadikusumah.

Ia menyebut, secara kalender kerja PWI Lampung, tahun ini akan ada dua acara besar yakni, Hari Pers Nasional (HPN) dan Pekan Olahraga Nasional (Porwanas), sehingga untuk menghadapi itu PWI Lampung hari memeiliki ide baru kerangka kerja baru yang tujuanya untuk kemajuan.

“Bulan ini kita HPN, tentu akan ada juga rapat SIWO, nanti juga mungkin bisa disampaikan apa-apa yang sedang kita bangun ini, seoerti peluan cabor E-Sports dan Sepakbola sehingga dari sebelumnya PWI Lampung ikut 8 cabor, mungkin kedepan kita bisa isi lagi misal Sepakbola, bowling mungkin atau bisa juga diusulkan e-sport,” sebutnya.

Menurut Wira, hal ini sangat beralasan, karena di KONI sendiri sudah memamasukan cabor e-sport, sehingga tak ada salahnya bila Porwanas nanti juga sudah ada anggota dan Tim dari PWI Lampung.

“PWI rumah kita bersama, saya sangat akan senang dan bangga bila kita banyak prestasi, terutama soal olahraga. selama ini SIWO PWI Lampung juga jadi parameter dan prestasi di PWI, sama-sama kita pertahankan 4 besar porwanas, jangan sampai melorot bersyukur bisa 2 besar,” ungkap Wira semanagat.

BACA JUGA:  TMMD ke 109 Kodim 0410/KBL, Resmi Dibuka Pemkot Bandar Lampung.

Pimpinan Redaksi Rilis.id ini juga siap menunjang kegiatan bila anggota aktif dibidang masing-masing terutama SIWO PWI Lampung.

“Anggaran porwanas juga sudah kita siapkan, karena paling besar kendala itu adalah soal anggaran, tapi kalau melihat senangat teman-teman begini saya juga makin semangat. Kalau prestasinya ada maka kita juga akan perjuangkan,” demikian Wira.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, industri e-Sports semakin menunjukkan taringnya. Terlebih, setelah masuk ke dalam kategori olahraga di kancah internasional. Tetapi mungkin masih ada yang penasaran alasan eSports bisa termasuk olahraga.

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) menjelaskan, eSport termasuk olahraga karena memiliki 3 unsur dasar, yakni unsur kompetitif, unsur sportifitas, dan unsur prestasi.

Setelah ditetapkan sebagai olahraga, eSports telah terdaftar di salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Dalam ajang Bergengsi Pekan Olahraga Nasional PWI, juga baru memiliki beberapa cabor seperti, Atletik, Biliar, Boling, Bridge, Bulutangkis, Catur, Futsal, Sepakbola, Tenis dan Tenis Meja.

Dari sepuluh olahraga ini PWI Lampung baru mengirim sekitar 8 cabor karena masih mempersiapkan dua cabor lain seperti, Bowling dan Sepakbola, termasuk satu lagi yakni E-Sports. (*)