KPPU Menemukan Terdapat Retail Modern Yang Menjual Minyak Goreng Di Atas Het Yang Ditetapkan Pemerintah.

145

Lampung,- (BN.Net) Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kantor Wilayah II melakukan pemantauan terhadap kesediaan stok dan harga minyak goreng di Wilayah Provinsi Lampung.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan pada tanggal 23 sampai dengan 27 Januari 2022 ditemukan jika stok minyak goreng pada retail modern di wilayah Provinsi Lampung cenderung tidak tersedia, kekosongan ini terjadi hampir diseluruh retail modern di Provinsi Lampung. Diduga stok minyak goreng mengalami kekosongan karena kondisi panic buying di level konsumen.

KPPU Kanwil II juga menemukan terdapat salah satu retail modern di Provinsi Lampung yang menjual minyak goreng di atas HET yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan
Republik Indonesia nomor 03 Tahun 2022 dengan HET Rp14.000,-/L. Berdasarkan pantauan, retail modern tersebut menjual minyak goreng dengan harga Rp20.350,- untuk kemasan 1L dan Rp42.000,- untuk kemasan 2 L.

Berdasarkan keterangan yang didapat, minyak goreng yang didisplay adalah minyak goreng yang tidak mendapatkan subsidi dari Pemerintah, padahal minyak goreng dengan merk yang sama dijual mengikuti HET pada retail modern lainnya.

Selanjutnya, berdasarkan penelusuran ditemukan jika retail modern tersebut memiliki stok minyak goreng subsidi dengan jumlah 10 karton untuk kemasan 1L yang tidak didisplay, sehingga konsumen tidak mengetahui jika stok minyak goreng subsidi masih tersedia.

Sebagaimana diketahui KPPU telah meningkatkan status kajian terkait minyak goreng pada tahap penegakan hukum. Dengan adanya temuan ini, KPPU Kanwil II akan meminta keterangan dari pihakpihak terkait dan Stakeholder lainnya, untuk mendalami apakah terdapat pelanggaran terhadap UU No.5 Tahun 1999 atas temuan tersebut. (Syah)

BACA JUGA:  Danramil Mayor Inf Anang Nugroho Pimpin Apel Pengecekan Personel Gabungan TNI Polri di UNILA.