Asam lambung Okta Teratasi Berkat JKN-KIS.

334

Lampung Utara,- (BN.Net) Dengan adanya Program JKN-KiS yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, jutaan masyarakat Indonesia telah tertolong dalam hal pemulihan kondisi kesehatan. Salah satunya adalah Okta Pia Devinka (21), Warga Desa Kalibening Raya, kabupaten Lampung Utara. Kepada awak media ia menceritakan pengalamannya dalam berobat menggunakan kartu KIS, Rabu (23/03).

“Saya punya penyakit asam lambung akut yang mengharuskan saya untuk kontrol seminggu sekali di rumah sakit Candimas Medical center (CMC). Penyakit saya ini kalau terlanjur kambuh rasanya nggak enak banget,” ujar Okta mengawali perbincangan.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas.

“Jika saya belum terdaftar sebagai Peserta JKN, biaya kontrol rutin tersebut pasti memberatkan sekali. Karena saya punya KIS makanya pengobatan saya ini gratis. Pokoknya tidak perlu khawatir, kalau sesuai indikasi medis pasti semua dicover BPJS kok,” lanjut Okta.

Lebih lanjut Okta menjelaskan, selama ini pengobatan yang ia jalani tidak dikenakan biaya tambahan. Alur pelayanannya juga cukup jelas sehingga ia tidak merasa kebingungan saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

“Kartu KIS ini benar-benar menjadi penyelamat perekonomian keluarga saya. Sekarang saya tinggal fokus untuk memulihkan kondisi kesehatan saja,” ujarnya.

Sebagai penutup Okta berharap agar Program JKN-KIS dapat terus berkesinambungan untuk membuka akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat terutama kalangan menengah kebawah.( Opi)

BACA JUGA:  Fahrizal Darminto Secara Resmi Membuka Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Bagi CPNS.