Eko Rakhmanto Hady Saputra, ST Angkat Bicara Terkait Mega Proyek RSUDAM

118

Bandar Lampung,- (BN.Net) Menyikapi terkait pembangunan mega proyek yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Kota Bandar Lampung, Eko Rakhmanto Hady Saputra, ST. praktisi konstruksi masyarakat dan pengerak Juragan Sertifikasi Lampung, Selasa (28/06/2022)

Sebelumnya Direktur RSUDAM, Lukman Pura, mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan dan menindaklanjuti rekomendasi DPRD Lampung.

Dalam kesempatan tersebut Eko Rakhmanto Hady Saputra, ST. Selaku praktisi konstruksi masyarakat dan pengerak Juragan Sertifikasi Lampung. Mengamati pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek, kota Bandar Lampung.

“Memandang perlu dan membutuhkan penelitian dan kajian untuk bisa menjawab semua rumusan permasalahan terkait dengan terjadinya degradasi kinerja struktur dengan indikasi adanya keretakan-keretakan, kemiringan dan mutu beton struktur bangunan dan terlihat adanya lendutan, elevasi pada balok strukturnya, Mengetahui kekuatan sisa, nilai defleksi (lendutan), dan interstory drift pada komponen struktur Bangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul moeloek, kota Bandar Lampung,” ucap Eko di ruang Kerjanya di Gedong Air, Kecamatan, Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung.

Mengetahui tingkat keamanan struktur pada kondisi bangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul moeloek, kota Bandar Lampung. Selanjutnya manfaat penelitian Ada dua manfaat yang diperoleh didalam penelitian yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.

“Manfaat teoritis adalah dapat memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya tentang struktur beton bertulang,” tambahnya

Manfaat praktis di dalam penelitian :
Memberikan prosedur dan asesmen bangunan gedung, dengan melakukan pengujian tanah dan struktur bangunan, pengambilan sampel-sampel benda uji di lapangan dan pengujian di laboratorium sebagai dasar evaluasi kekuatan struktur. (berupa data primer)

Memberikan prosedur evaluasi kekuatan elemen-elemen struktur bangunan gedung, dengan melalui tahapan analisis pembebanan, analisis struktur, analisis kapasitas tampang, analisis faktor aman untuk menentukan tingkat kekuatan dan kekakuan struktur bangunan.

BACA JUGA:  Rakor Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, Gubernur Arinal Ajak Bupati/Walikota Kompak Beri Imbauan Bijak ke Masyarakat Terkait Virus Corona.

Memberikan rekomendasi teknik perbaikan/perkuatan struktur. Keseluruhan manfaat praktis selanjutnya akan dijadikan sebagai masukan atas hasil kajian teknis tentang kelaikan struktur bangunan kepada Instansi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul moeloek, kota Bandar Lampung.

“Dalam menyikapi kondisi yang ada sekarang, sekaligus hasil penelitian bisa dijadikan bahan kajian untuk DPRD Provinsi lampung atau yang terkait atas tindak lanjut kegiatan Bangunan Gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul moeloek, kota Bandar Lampung baik Administrasi maupun teknis,” pungkasnya. (***)