Puncak Perayaan Dies Natalis UBL ke-50, UBL Berikan Sejumlah Penghargaan

81

Bandar Lampung,- (BN.Net) Menapaki usianya yang mencapai setengah abad, Universitas Bandar Lampung (UBL) yang merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) terbesar di Provinsi Lampung menggelar Dies Natalis ke-50 bertajuk “Growing Shining Winning” di Mahligai Agung Covention Hall, Pascasarjana UBL pada Kamis (21/07/2022).

Perayaan diawali dengan orasi ilmiah mengenai pembangunan berkelanjutan oleh kepala pusat studi Sustainable Development Goals (SDGs) Center UBL, Fritz Akhmad Nuzir. Ia mengatakan bahwa sejak 1972, UBL turut berkontribusi terhadap pembangunan Provinsi Lampung melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Dalam konteks global, tahun 1972 merupakan bagian penting dalam milestones pembangunan berkelanjutan. UBL melalui SDGs Center siap menjadi mitra untuk merajut keberlanjutan pembangunan di Provinsi Lampung bersama pemerintah daerah dan stakeh lainnya terutama dalam Decade of Actions SDGs menuju 2050,” ujar Fritz dalam orasinya.

Rektor UBL, M. Yusuf Sulfarano Barusman dalam sambutannya menceritakan
perjalanan UBL yang terus berkembang dan berjuang membangun negeri selama 50 tahun. Mulanya, UBL adalah Akademi Administrasi Niaga (AAN) Tanjungkarang yang didirikan pada 1972. Bersamaan dengan itu, Almarhum RM Barusman dan Sri Hayati membentuk Yayasan Administrasi Lampung yang menaungi AAN Tanjungkarang.

Hingga pada 17 Januari 1984, UBL lahir menjadi pioneer PTS di Lampung dengan tiga fakultas dan lima jurusan. Tahun 1997, UBL membuka program pasca sarjana pertama di Lampung. Sampai pada Oktober 2014, UBL melakukan transformasi dengan megadakan Strategic Management Meeting yang menghasilkan isu strategis terkait lingkungan eksternal dan internal UBL serta perumusan Visi, Misi dan Budaya Organisasi UBL.

“Visi, Misi dan filosofi UBL saat ini diejawantahkan dengan pencapaian-pencapaian UBL. Dengan berbagai upaya yang dilakukan civitas akademika UBL, baik dari pembangunan secara fisik maupun sumber daya manusia, 3 Tahun berturut-turut UBL mendapatkan penghargaan Universitas Swasta terbaik se-Sumbagsel,” ucapnya.

BACA JUGA:  Wakil Menteri Perdagangan RI Tinjau Pasar Jatimulyo Lampung Selatan

Di usianya yang ke-50, Yusuf mengatakan bahwa inovasi dan riset menjadi fokus UBL dan lebih banyak herkontribusi terhadap kemajuan masyarakat, baik dari sisi teknologi, maupun kelembagaan dan hukum. UBL sendiri telah banyak berkontribusi terhadap pembangunan daerah ditunjukkan dengan kontribusinya dalam program Kartu Petani Berjaya dan berbagai kerjasama riset serta pengabdian di berbagai desa. Adapun keterlibatan UBL dibidang infrastruktur yakni pengujian mutu jalan di seluruh Provinsi Lampung diuji oleh Laboratorium Teknik Sipil UBL.

la turut menyampaikan rasa terimakasihnya kepada bergagai pihak yang telah mendukung, menjalin kerjasama dan terus menerus dan memberikan dampak baik bagi kemajuan Universitas Bandar Lampung.

“Semoga usia yang ke-50 ini menjadi tahun keemasan bagi UBL agar tetap Tumbuh, Bersinar dan menjadi Pemenang yang mampu bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional menuju “To Be a World Class Entrepreneurial University dan sebagai kado di ulang tahun emas ini, UBL berhasil mendapatkan izin pembukaan Program $3 Manajemen” tutupnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memberikan
Sambutan secara daring dan mengapresiasi atas kontribusi UBL selama 50 tahun dalam pembangunan bangsa dan pembentukan karakter wirausaha mahasiswanya.

“Sepanjang usia tersebut, tentu sudah banyak kontribusi nyata yang dilakukan UBL bagi pembangunan bangsa dan negara Memasuki usia emas ini, saya yakin cita-cita UBL menjadi kampus kelas dunia semakin bisa direalisasikan. Didukung dengan berbagai program MBKM terutama program kewirausahaan, mahasiswa UBL akan menjadi lulusan berkualitas tinggi yang siap menghadapi tantangan masa depan dan menjadi pembelajar sepanjang hayai yang cerdas her karakter,” ujarnya.

Pada Dies Natalis ini, UBL mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. Diantaranya, Prof. Carmen Aguilera Carnerere dari Universitas Granada Spanyol yang mengucapkan selamat ulang tahun UBL ke-50 dan berharap UBL bisa terus melanjutkan fokusnya dalam penelitian dan inovasi baik dalam program sarjana, pascasarjana maupun doctoral dan menjadi kampus berjiwa wirausaha kelas
dunia. Adapun ucapan dari Universitas Jiao Tong, Prof. Wang Zhenhua yang turut berbahagia dengan perayaan Dies Natalis UBL yang ke-50.

BACA JUGA:  Riana Arinal Apresiasi Semua Pihak yang Berkontribusi dalam Program "Jumat Barokah".

“Saya yakin UBL dalam usianya yang ke-50 ini akan terus bisa melakukan riset-riset dan inovasi. Seiring dengan visi UBL yakni menjadi kampus berjiwa kewirausahaan tingkat dunia,” ujarnya dalam cuplikan video ucapan yang ditayangkan.

Ucapan lain datang dari salah satu profesor di Universitas Kitakyushu Jepang, Bart Julien Dewancker yang mengaku senang mendengar UBL telah mencapai usia yang ke-50. la berterima kasih kepada pihak UBL yang telah memberikan kesempatan kepada Universitas Kitakyushu Jepang untuk berkolaborasi dan menjalin relasi internasional Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi juga turut memberikan selamat atas perayaan Dies Natalis UBL yang ke-50.

“Semoga UBL semakin terdepan memajukan pendidikan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkarakter di Lampung demi mewujudkan lampung Berjaya,” ucapnya.

Di hari yang sama, Dies Natalis turut dimeriahkan dengan diadakannya UBL Awards yaitu pemberian penghargaan sebagai apresiasi UBL kepada berbagai pihak UBL Awards dibagi menjadi empat kategori antara lain, UBL Award Lifetime Learning. (Rls)