Calon Lulusan IIB Darmajaya ini Berkesempatan Interview dan Diterima Kerja

85

Bandar Lampung,- (BN.Net) Unit Pelaksana Teknis Inkubitek, Career Center dan Alumni (UPT ICCA) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Pelatihan Softskill dan Pembekalan Dunia Kerja kepada calon wisudawan/ti selama dua hari di Aula Rektorat Lantai III, Gedung Alfian Husin, Rabu-Kamis (20 – 21/7/22).

Hadir sebagai pemateri Area Marketing Associate PT Nutrifood Indonesia Dian Septiana, S.Si., M.M.; People Development Tunas Honda Wiwid Darniati, S.Psi.; dan Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M. Materi yang disampaikan Public Speaking di Dunia Kerja, Sukses Wawancara Kerja dengan Metode STAR, dan Membuat CV ATS Friendly, CV Kreatif.
Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini dengan stakeholder yang hadir terutama dalam memberikan peluang kepada calon wisudawan/ti untuk mengikuti interview. “Kami ingin lulusan IIB Darmajaya tidak hanya memiliki kemampuan hardskillnya saja tetapi juga memiliki kemampuan softskill yang mumpuni,” ungkapnya.
Menurut dia, perusahaan ataupun instansi sekarang melihat softskill pencari kerja menjadi nilai tambah. “Meskipun kompetensi lulusan bagus tetapi tidak memiliki softskill maka perusahaan tidak akan meliriknya. Karena yang dilihat pertama di luar adalah softskillnya,” ujarnya.
Muprihan menerangkan kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi calon wisudawan dan wisudawati untuk menunjang ketika memasuki dunia kerja. “IIB Darmajaya memiliki komitmen dalam peningkatan kualitas lulusan tiap tahunnya. Sehingga lulusan dapat bersaing baik di daerah, Nasional maupun Internasional,” imbuhnya.
Sementara, Kepala UPT ICCA Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan Pelatihan Softskill dan Pembekalan Dunia Kerja tidak hanya menyiapkan para calon lulusan tetapi juga memberikan kesempatan interview dengan user perusahaan terkemuka di Lampung. “Hari pertama terdapat 138 peserta dan hari kedua 143 dengan total 281 dari berbagai prodi di IIB Darmajaya,” ungkapnya.
Dengan adanya pelatihan softskill dan pembekalan dunia kerja, lanjut dia, calon lulusan akan memahami apa saja yang harus dipersiapkan untuk apply terhadap perusahaan ataupun instansi. “Pelatihan periode ini berhasil menggandeng 19 perusahaan dan terdapat 27 job vacancy yang sedang di buka,” ujarnya.
Menurut dia, calon lulusan juga mendapatkan kesempatan mengikuti sesi interview dengan HRD perusahaan. Selain itu juga mereka mendapatkan kesempatan pembelajaran dan peluang untuk direkrut oleh perusahaan. “Peserta juga sangat antusias mengikuti mockup interview dengan perusahaan yang ada,” tuturnya.
Salah satu mahasiswa, Krisna Ramadhan mengaku sangat luar biasa materi yang diberikan terutama dalam menghadapi HRD ketika interview. “Public speaking juga menjadi materi yang sangat bermanfaat ketika berhadapan dengan orang banyak. Kita juga mendapatkan banyak tips salah satunya mengatasi grogi,” ungkapnya.
Krisna berharap pelatihan softskill dan pembekalan dunia kerja dapat terus digelar tiap tahunnya. “Mungkin ke depan bisa lebih banyak lagi perusahaan yang bekerja sama agar calon lulusan banyak pilihan dalam melakukan mockup interview,” tandasnya. (**)

BACA JUGA:  Presiden Melepas Merdeka Ekspor Komoditas Pertanian Pada 17 Lokasi, Lampung Salah Satunya.