7 Tips Menjaga Kebersihan Udara Agar Terhindar dari Penyakit

556
Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/ruang-tamu-desain-interior-mebel-1835923/

Nasional,- (BN.Net) Kebersihan udara sangat berpengaruh pada kesehatan. Endapan polusi bisa menghambat kerja organ dan menumpuk di paru-paru. Cara menjaga udara tetap bersih sebenarnya cukup mudah.

Semua orang bertanggung jawab untuk kelestarian lingkungan, termasuk kebersihan udara, air dan tempat tinggal. Dengan melakukan beberapa tindakan kecil secara konsisten, kita bisa menghirup udara bersih dan mendapatkan oksigen yang berkualitas untuk kesehatan paru-paru.

Tips Menjaga Udara di Dalam Ruangan Tetap Segar

Langkah mudah menjaga kesegaran dan kesehatan udara harus dilakukan oleh semua orang di rumah dan lingkungan sekitar. Tidak harus selalu mengeluarkan biaya, karena cukup dengan melakukan kebiasaan baik saja setiap hari.

Sirkulasi udara dalam ruangan sangat penting agar oksigen dapat masuk dan karbondioksida keluar. Dengan mengoptimalkan fungsi bagian rumah hal tersebut mudah diperoleh. Cara menjaga udara tetap bersih antara lain :

1. Membuka jendela setiap pagi.

Jendela merupakan jalan masuknya sinar matahari dan udara. Setiap hari, setelah bangun tidur, segera buka jendela dan singkap tirainya. Tujuannya agar karbondioksida yang terjebak dalam rumah bisa keluar. Sebagai gantinya, oksigen akan masuk untuk memberikan kesegaran.

Membuka jendela merupakan cara menjaga udara agar tetap bersih yang sangat mudah dan praktis. Kelembaban akan terjaga dan sinar matahari juga bisa masuk sehingga rumah menjadi lebih sehat. Meski hanya beberapa menit, sebelum menutup kembali ketika berangkat kerja, biasakan untuk membukanya.

2. Tidak menggunakan pengharum ruangan.

Pengharum ruangan biasa digunakan untuk menetralisir aroma kurang sedap dan membuat lebih fresh, namun ternyata hal ini keliru. Zat yang terdapat dalam benda tersebut mengandung bahan kimia yang akan terurai.

Jika terlalu sering menghirupnya, maka dapat menjadi endapan yang menumpuk pada paru-paru. Bahan kimia juga bisa menyebar dan mengganggu kesehatan dengan cara memicu berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:  KPPU Wilayah II Lampung Sampaikan Capaian Indeks Persaingan Usaha Melalui Daring.

3. Menghias halaman dengan tanaman
Tanaman selain menyegarkan mata juga dapat menjadi filter udara.

Menjaga udara agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit salah satunya dengan memperbanyak tanaman. Dalam proses fotosintesis, akan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen sehingga pasokannya lebih banyak.

Tidak harus jenis yang mahal. Bahkan tanaman semacam rumput atau tumbuhan ada di pekarangan bisa membantu memberikan lingkungan yang sehat dan bersih. Bisa juga dengan memilih jenis tumbuhan yang menghasilkan buah atau sayuran. Selain memberikan kesegaran, hasilnya juga baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan.

4. Mengurangi rokok
Perokok bisa dengan mudah terserang penyakit.

Berdasarkan penelitian, paru-paru perokok berat bisa menjadi rusak karena kandungan zat yang mengotorinya. Lebih parah, orang yang berada di sekitarnya pun bisa terkena imbasnya, yaitu menjadi sakit karena menghirup udara kotor.

Dampak dari kebiasaan merokok sangat buruk bagi kesehatan. Bukan hanya pribadi, tetapi lingkungan. Pencemaran udara semakin meningkat. Apalagi jika melakukannya di dalam rumah. Asap akan terjebak, menempel pada permukaan benda dan terserap oleh penghuni sehingga menumpuk di paru-paru.

5. Jaga kebersihan rumah
Rumah merupakan tempat berkumpulnya keluarga.

Setelah seharian beraktivitas, berkumpul untuk quality time tentu sangat menyenangkan. Sayangnya momen tersebut bisa terganggu karena kurang bersih.

Menjaga kebersihan rumah sangat penting. Udara di dalamnya pun bisa tetap segar yang penting bagi kesehatan. Dalam hunian yang kotor, maka udara bisa terjebak yang menyebabkan mudah menjadi sarang penyakit.

6. Bersihkan saluran udara.

Bagaimana cara agar kebersihan udara tetap terjaga? Salah satunya dengan menjaga kebersihan saluran udara. Bagian ini sering diabaikan karena udara tetap bisa keluar masuk sehingga membersihkannya dianggap kurang penting.

BACA JUGA:  Ketua TP. PKK Gelar Kegiatan Sosial Bersama FORHATI Wilayah Lampung.

Padahal banyaknya debu yang menempel bisa turun dan ikut terserap ketika kita bernapas. Tidak perlu setiap hari, membersihkannya sekali dalam satu minggu sudah cukup. Dengan demikian, udara yang melaluinya juga bersih.

Pertama lap menggunakan kemoceng atau sapu agar semua kotoran jatuh. Setelah itu bisa melanjutkan dengan menggunakan kain lembab sehingga yang tersisa ikut terbawa dan bersih sempurna.

Untuk bagian yang membandel bisa dengan menyemprotkan air agar kotoran yang mengeras menjadi lunak sehingga mudah bersih. Selanjutnya keringkan dengan koran bekas atau kain.

Jika bagian tersebut ada di dalam rumah, misal antar ruangan, tetap buka pintu dan jendela sehingga sinar matahari dan udara bisa membuatnya cepat kering. Kebersihan bagian ini juga berpengaruh pada kenyamanan.

7. Pasang air purifier.

Air purifying merupakan alat untuk menyaring udara sehingga menjadi segar dan sehat. Semua rumah membutuhkannya agar kesehatan seluruh keluarga tetap terjaga. Fungsi lainnya adalah menyaring udara dan membunuh bakteri. Pilihlah yang berkualitas sehingga dapat berfungsi sempurna dan awet.

Sebagai referensi bisa menggunakan Coway Air Purifier yang tersedia lengkap di Blibli. Kelebihannya adalah mempunyai HEPA filter yang terbukti efektif membersihkan udara, menyaring partikel super kecil sampai berukuran 0,01 mikrometer.

Selain itu Coway Air Purifier juga hemat energi sehingga tidak khawatir tagihan listrik membengkak meski setiap hari menggunakannya. Produk asal Korea Selatan ini cocok untuk semua ruangan dan terbukti mampu menjadikan udara bersih dan sehat.

Berbelanja di Blibli juga mudah, aman dan murah. Pelanggan bisa memilih sendiri ekspedisi untuk pengiriman barang yang dibeli. Selain itu bica tracking dengan mudah progress pengiriman.

Cara menjaga udara tetap bersih cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Selama rajin membersihkan rumah, membuka pintu dan jendela serta menanam tumbuhan maka udara segar dapat keluar masuk semua ruangan dengan bebas. Selain itu agar bisa lebih maksimal, dapat menggunakan produk air purifier terbaik yang juga mampu membunuh kuman.

BACA JUGA:  Kriyanusa 2022 Bakal Digelar Di Jakarta, Lampung Jadi Icon