Enam Tiyuh Di Tubaba Menerima Kode Desa Definitif

40

Tulang Bawang Barat,- (BN.Net) Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri menyatakan Enam tiyuh (desa) persiapan di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) telah resmi mendapatkan kode desa.

Sofian Nur, kadis, DPMT Tubaba,
mengatakan Penyerahan kode desa tersebut diterima oleh Pj Bupati Tubaba, Zaidirina Warodoyo, melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Bayana yang didampinginya dan beberapa Camat di Kantor Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, pada Kamis (11/8/2022).

” Agenda penyerahan kode desa dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri awalnya direncanakan pada 8 Agustus lalu, akan tetapi dikarenakan ada perubahan jadwal, maka penyerahan tersebut dilakukan hari ini,tuturnya.

Dia juga mengutarakan penerimaan kode desa, tahapan selanjutnya, Pemkab Tubaba akan menetapkan dan mengundangkan Peraturan Daerah (Perda).

” Menyikapi kabar baik itu tahapan Selanjutnya kami akan melakukan peresmian enam tiyuh yang menerima kode desa sebagai tiyuh definitif. Sekaligus pelantikan penjabat (Pj) tiyuh definitif.
paparnya

Menurutnya langkah tahapan selanjutnya, DPMT akan penataan kelembagaan tiyuh. Seperti membentuk Badan Perwakilan Tiyuh (BPT).Yang dilanjutkan dengan perencanaan pembangunan tiyuh dan penganggaran tahun 2023.

” Mudah -mudahan tahun 2023 mendatang sudah ada dana desa dimasing-masing tiyuh tersebut,” kata dia.

Sofiyan menambahkan terdapat satu tiyuh lagi yang belum mendapatkan kode desa, yakni Tiyuh Mekar Asri, yang berasal dari Kelurahan Mulya Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT).

” rencananya tiyuh Mekar Asri akan dilakukan peninjauan oleh Tim Penataan Desa Pusat, Kemendagri.
Kemudian diagendakan tanggal 18 sampai 19 Agustus

klarifikasi final. Untuk menentukan apakah Tiyuh itu bisa mendapatkan kode desa untuk menuju definitif atau tidak definitif

Karena, terhitung 1 Oktober, dilakukan moratorium. Yakni tidak ada lagi pemekaran desa sampai tahun 2025. Oleh Kemendagri,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Sholat Idul Adha di Desa Negara Batin II Berjalan Lancar.

Diketahui, enam tiyuh yang menerima kode desa dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri yakni Tiyuh Marga Asri, Kecamatan TBT. Tiyuh Karta Raya, pemekaran dari Tiyuh Karta Raharja, Karta Tanjung Selamat, pemekaran dari Tiyuh Karta

Tiyuh Kagungan Ratu Agung, pemekaran Tiyuh Kagungan Ratu, Tiyuh Gading Kencana, pemekaran dari Tiyuh Marga Kencana dan Tiyuh Karta Sari. Keempat tiyuh tersebut berasal dari Kecamatan Tulangbawang Udik.Kemudian, Tiyuh Sido Agung, pemekaran dari Tiyuh Agung Jaya dan Kecamatan Way Kenanga. (Evendi)