Fahrizal Darminto Buka Gebyar SMK se-Provinsi Lampung Tahun 2022

82

Bandar Lampung,- (BN.Net) Sekretaris Daerah, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung, membuka acara Gebyar SMK se-Provinsi Lampung Tahun 2022, bertempat di Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (23/08/2022).

Hadir dalam Acara Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Dalam sambutan Gubernur Lampung, yang disampaikan Sekretaris Daerah, menyebutkan bahwa perkembangan zaman menuntut pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas. Daya saing Indonesia dalam menghadapi persaingan antar negara maupun perdagangan bebas sangat ditentukan oleh outcome dari pembinaan SDM-nya.

Salah satu upaya Provinsi Lampung dalam pemenuhan SDM level menengah yang berkualitas adalah melalui pembinaan pendidikan kejuruan. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik SMK, yaitu diselenggarakannya MADABINTAL (Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental).

Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung bertujuan membina mental.

Dengan adanya MADABINTAL ini diharapkan dapat mengenalkan dan membiasakan para siswa untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan di lingkup pendidikan. Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih atas peran serta Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung dalam kegiatan ini. Saya yakin dan percaya siswa yang mengikuti MADABINTAL akan semakin Tangguh mentalnya dan mampu berjuang dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Selain membina mental, siswa SMK juga perlu dilatih untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi Informasi, sehingga mampu menghadapi kehidupan global, termasuk bersaing dalam bidang ekonomi dan industri.

Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan global. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang pada akhirnya mendisrupsi berbagai sendi kehidupan global, termasuk persaingan dalam bidang ekonomi dan industri.

BACA JUGA:  PLN Gandeng Kejaksaan Agung Pastikan Kepatuhan Hukum Di Lingkungan Perusahaan.

Disrupsi tersebut dapat tercermin dari terjadinya perubahan yang cepat akibat pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, Human-Machine Interface, dan merebaknya fenomena sharing economy.

Hal ini menjadi momentum untuk menjadikan standar kompetensi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang didukung kreativitas dan inovasi sebagai garda terdepan memenangkan persaingan ekonomi global.

Era revolusi industri 4.0 menuntut pengembangan kompetensi peserta didik, guna menyiapkan generasi mendatang yang produktif, berkarakter, dan siap bersaing dalam dunia global. Untuk menjawab tantangan tersebut salah satu upaya yang dilakukan dengan menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2022.  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK digelar dalam rangka untuk memotivasi meningkatkan kompetensi peserta didik SMK dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja yang handal, berkarakter, dan terstandar dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dukungan dunia usaha dan dunia industri memberikan kesempatan dalam mengasah dan menyiapkan kompetensi peserta didik SMK untuk memasuki dunia kerja sangat diperlukan. Untuk meningkatkan kompetensi tersebut perlu disusun satu strategi dan kurikulum yang mengacu pada standar industri.

Kegiatan lain yang dilaksanakan SMK yaitu, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2022. Ajang ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.

Selain itu berbagai upaya juga dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mengasah kemampuan aspek psikomotor, afektif, dan kognitif.

Gubernur mengapresiasi dilaksanakannya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMK. Melalui O2SN diharapkan memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga. Ajang ini sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran, serta rasa solidaritas yang tinggi antar peserta didik.

BACA JUGA:  Pererat Tali Persaudaraan, Pewarta Polda Lampung Rekreasi Bersama.

Fahrizal Darminto berharap ke depan Gebyar SMK Lampung ini dapat secara rutin dilaksanakan dan menjadi ajang meningkatkan kapasitas dan kompetensi siswa SMK guna mendukung pembangunan Lampung Berjaya. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)