Gubernur Lampung Pimpin Rapat Koordinasi Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024

39

Bandar Lampung,- (BN.Net) Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Pimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Lampung dalam rangka kesiapan pelaksanaan tahapan Pemilu serentak Tahun 2024 di Provinsi Lampung, Rakor dilaksanakan di Ruang Rapat Lt.2 Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (06/12/2022).

Gubernur Arinal menyatakan bahwa suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 akan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan dari Penyelenggara Pemilu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, dan kesiapsiagaan dari Aparat Keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan Pilkada.

“Oleh karena itu, melalui Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), diharapkan terwujudnya sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan, dalam upaya menciptakan Pemilu dan Pilkada yang demokratis dan damai,” ucap Gubernur.

Melalui Rakor tersebut, Gubernur berharap agar Forkopimda dan jajaran dapat menjalin sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antar Penyelenggara Pemilu, dan Aparat Keamanan serta pemangku kepentingan pemilu lainnya seperti Media, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Paslon Kada, Parpol para Pendukung dan lain sebagainya.

“Waspadai dan Cegah hal-hal yang dapat mencederai proses Pilkada seperti perang hoax dan propaganda, money politik, politik identitas, black campaign, serangan fajar, intimidasi dan lain-lain,” ucap Gubernur.

Gubernur juga berharap para stake holder, dapat mendorong secara optimal peningkatan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka mewujudkan suksesnya Pemilu serentak tahun 2024 dengan target yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 79,5%.

Gubernur juga berpesan agar Aparat Keamanan (TNI/POLRI) dan ASN dan Penyelenggara Pilkada dapat menjaga netralitas dalam menciptakan Pilkada yang mandiri, jujur, adil dan berkepastian hukum.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Gubernur Arinal Djunaidi yang telah menyelenggarakan kegiatan koordinasi kesiapan pelaksanaan tahapan Pemilu serentak Tahun 2024 di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  KPK Tetapkan dan Tahan Tersangka Perkara Pengadaan Citra Satelit Resolusi Tinggi.

Pada kesempatan tersebut Erwan Bustami juga memaparkan Tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan oleh Oleh KPU mulai dari tahun 2022, hingga pada tahap pelaksanaan di tahun 2024.

Rakor juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar, S.H., M.H. yang memaparkan ruang lingkup Pengawasan Pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu Lampung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kaban Kesbangpol Provinsi Lampung M. Firsada, Kabinda Provinsi Lampung, serta perwakilan dari Polda Lampung, Korem Gatam, Lanud Lampung, Lanal Lampung, Kejaksaan Tinggi, dan unsur Forkopimda Lainnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).