BPJS Kesehatan Edukasi Ulang Program JKN Ke Masyarakat Lampung Utara Di Acara HKN Ke 55.

Way Kanan, – Beritanatural.net

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Way Kanan turut serta memeriahkan acara HKN ke-55 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan mendirikan booth Mobile JKN, Selasa (10/12).

Acara yang dilaksanakan di Lapangan KORPRI Pemda Way Kanan ini dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Way Kanan, Dinas Kesehatan beserta UPT Puskesmas se-Kabupaten Way Kanan, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Way Kanan, Camat se-Kabupaten Way Kanan, Kepala Kampung se-Kabupaten Way Kanan dan masyarakat di Kabupaten Way Kanan yang secara keseluruhan berjumlah 2500 peserta kegiatan.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Way Kanan Desi Safriyani mengatakan, bahwa dengan hadirnya booth Mobile JKN diharapkan akan menambah informasi masyarakat akan manfaat dari Program JKN sekaligus mendukung kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Tujuannya adalah para peserta kegiatan HKN dapat memanfaatkan kanal layanan booth Mobile JKN untuk menggali informasi terkait Program JKN. Kami berharap para peserta yang telah teredukasi akan manfaat dan prosedur pelayanan dalam program ini akan membantu menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat luas,” kata Desi.

Salah satu peserta kegiatan yang menghampiri booth Mobile JKN adalah Sari, ia menyebutkan bahwa  senang mengetahui BPJS Kesehatan ikut berpartisipasi dalam kegiatan HKN hari ini.

“Begitu mengetahui ada boothnya BPJS Kesehatan saya langsung mampir karena mau konfirmasi perihal penyesuaian iuran JKN tahun depan. Dengan bertanya langsung kepada petugas BPJS Kesehatan saya jadi paham alasan dibalik penyesuaian iuran tersebut dan berapa nominal kenaikannya. Jadi nanti ketika ada keluarga atau tetangga yang bertanya, saya bisa menjelaskan kepada mereka dengan tepat,” ujar Sari.

Sama halnya dengan Sari, Iman salah satu peserta kegiatan juga menghampiri booth Mobile JKN karena penasaran tentang berita penyesuaian iuran JKN tahun 2020.

BACA JUGA:  Kunjungi Tiuh Negara Batin, Gubernur Arinal dan Ibu Riana Disambut Antusias Masyarakat.

“Ternyata penyesuaian iuran ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Menurut saya nilainya masih terjangkau asal kita disiplin membayar iuran setiap bulan. Penjelasan petugas tadi mudah dimengerti, saya harap BPJS Kesehatan akan lebih sering mendirikan booth seperti ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang valid terkait Program JKN,” kata Iman.

Melalui  Program JKN, Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Program Nusantara Sehat (NS) bersama seluruh komponen kesehatan bekerja sama untuk mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul di masa yang akan datang sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019 yaitu “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Generasi sehat akan menghasilkan SDM unggul yang akan memajukan bangsa dan tanah air. (Red)