Herman HN Buka Acara Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi.

109

Bandar Lampung,- Beritanatural.net.
Dalam rangka Melestarikan budaya, Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung menggelar Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi Lampung, di Tugu Adipura, Rabu (19/02/2020).

Suasana Saat pembukaan festival Dalang se-Provinsi Lampung.

Herman HN, Walikota Bandar Lampung saat membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, “Ini harus ditumbuh kembangkan, supaya budaya kita lebih membudaya, baik di Lampung maupun nasional bahkan di kancah Internasional,” kata Herman.

Lanjut dia menceritakan, bahwa acara yang serupa pernah meraih rekor muri dalang terbanyak pada tahun 2017. “Acara ini juga pernah mendapatkan rekor muri, ini tidak lain untuk melestarikan budaya daerah,” jelasnya.

Meski peserta terbilang lebih sedikit dari tahun sebelumnya, namun menurutnya, hal itu tidak menjadi permasalahan, karena yang terpenting adalah bagaimana budaya yang ada di Lampung dapat terus dilestarikan. “Yang terpenting budaya kita dilestarikan, di provinsi Lampung khususnya di Bandar Lampung, karena Lampung sendiri terdiri dari berbagai suku, maka budaya ini harus kita junjung tinggi,” tambahnya.

Ditempat yang sama, M Yudhi, selaku kepala dinas pariwisata Bandar Lampung, mengatakan acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta, dan ini akan dilaksanakan selama empat hari empat malam. “Pagi jam 9 Sampai jam 5 sore, sementara malamnya dari jam 8 sampai 12, dan ini selama empat hari empat malam,” kata Yudhi.

Menurutnya, semua peserta akan di berikan uang saku sebesar Rp 500 ribu. Sementara yang mendapatkan juara akan mendapatkan puluhan juta. “Menang kalah peserta dapat uang saku Rp500 ribu, dan yang juara akan mendapatkan piala wali kota dan uang puluhan juta,” jelasnya. (*)

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., resmikan langsung Ruang ICU.