Ketua Komisi IV DPR RI Sudin,SE Bersama Jajaran Dan Mitranya Beri Bantuan Kepada Petani.

Pesawaran,- BeritaNatural.Net KUNKER di BUMD pesawaran Ketua KOMISI IV DPR RI Sudin,SE bersama jajaran dan Mitranya beri bantuan kepada petani dan siap revitalisasi mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama.

Ketua Komisi IV DPR RI Bapak Sudin,SE yang juga ketua DPD PDIP Provinsi Lampung bersama jajaran dan Mitranya setelah kunjungan kerja(KUNKER) di Balai Besar Benih Ikan di kabupaten pesawaran. Langsung menuju BUMD kabupaten pesawaran yang bermitra dengan Dinas Pertanian dalam mengelola HORTIPARK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam mengelola Mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama di JL.Baru negri sakti, desa kurungan nyawa, kecamatan gedong tataan.

Peserta KUNKER Komisi IV DPR RI tiba di BUMD pesawaran di sambut oleh Assiten II yang mewakili PLT BUPATI Pesawaran, KADIS Pertanian ANCA MARTA, KADIS PERINDAG SAM HERMAN, KADIS LH dan Kebersihan LUKMAN GANI, KADIS Ketahanan pangan AWALUDIN, KABAG Perekonomian MERNI LITA dan Direktur Utama BUMD pesawaran Ahmad Muslimin,SE.

Peserta langsung meninjau mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama. Setelah mengetahui kapasitas mesin produksi yang masih mini. Maka Bapak Ketua Komisi IV DPR RI dan Bapak DIRJEN Perkebunan KEMENTAN RI akan merevitalisasinya agar jadi big pabrik pengolahan coklat sehingga dapat menyerap hasil panen petani coklat lebih besar lagi sampai dengan jadi AGRO EDUWISATA COKLAT. Dan dalam rangka menyokong BUMD pesawaran dan HORTIPARK jadi trade center potensi dan inovasi di desa-desa. Yang telah mendapatkan dana hibah dari KEMENTRIAN Perindustrian untuk pembangunan gedung KEMILAU PESAWARAN sebagai Pabrik pendukung pengolahan coklat, Gallery, Cafe and resto untuk menyerap aneka hasil panen petani, maupun untuk mengembangkan potensi dan inovasi di desa-desa.

Selanjutnya Peserta KUNKER menyapa petani dari; pesawaran, Tanggamus, Pesisir barat dan Lampung barat. Dan kegiatan di mulai, dengan Susunan acara di bacakan MC dan di sambung dengan munajad do’a oleh Manager Operasional dan Produksi Ir.H. Heri Budianto,MT. Dan acara di buka oleh Bapak Asissten II mewakili PLT.Bupati pesawaran Eriawan,SH. Yang memaparkan upaya PEMDA Kabupaten pesawaran dalam meningkatkan produktivitas petani dan menjawab aneka persoalannya.
Dilanjutkan paparan DIRUT BUMD Pesawaran Tentang capaian yang telah di laksanakan yang mengacu pada amanah Bapak BUPATI Pesawaran. Bahwa BUMD pesawaran di bentuk untuk jadi mercusuar pertanian.

BACA JUGA:  Diberitakan Gelapkan BLT DD, Hermansyah : Itu Tidak Benar.

Kemudian dalam paparan Bapak DIRJEN Perkebunan KEMENTAN RI, Beliau sampaikan salam hormat bapak Meteri pertanian RI untuk para petani yang telah menopang Indonesia maju. Beliau juga tegaskan bahwa KEMENTAN RI bersama Kementerian Kelautan dan perikanan RI dan KLHK RI dan BUMN terkait sebagai mitra Komisi IV DPR RI siap mendukung program yang telah di tuangkan oleh para wakil rakyat yang ada di komisi IV DPR RI.

Setelah itu Bapak Ketua Komisi IV DPR RI Sudin,SE sebagai keynote speaker memperkenalkan semua anggota komisi IV DPR RI dan mitranya. Dan dalam pidatonya menegaskan bahwa komisi IV DPR RI siap mendampingi petani di aneka sektor produktivitas dari Sabang s/d Merauke dalam menghadapi persoalanya dari hulu s/d hilir., menunjang kinerja petani baik secara edukasi, program dan teknologi agar terwujud kedaulatan pangan nasional serta siap menampung aspirasi rakyat secara utuh dengan action yang pasti bukan hanya sekedar janji.
Selanjutnya Bapak Ketua Komisi IV Sudin,SE bersama jajaran dan Mitranya memberikan bantuan 10.000 bibit cengkeh, 10.000 bibit Cacao klon MCC-02, Pengering coklat tenaga matahari,dll. Dan saat menyerap aspirasi petani Ketua Komisi IV DPR RI juga akan berikan bantuan teknologi dan 9 ekor sapi kepada Kelompok Wanita Tani yang di pimpin ibu Riana.

Dalam kegiatan KUNKER Komisi IV DPR RI juga di hadiri oleh; OPD dari PEMPROV Lampung, Bapak Nurul Ikhwan dan Watoni Nurdin Anggota DPRD Provinsi Lampung, Bapak Dedy Candra Wakil Ketua DPD PDIP provinsi Lampung. Serta hadir pula Pejabat teras BUMN; Direktur PERINDO, Direktur PTPN VII, Direktur Sanghyang Sri, Direktur PERTANI dan Direktur PUSRI. (A.Gani)