Beguai Jejama – Pangan Mandiri Lampung barat kerjasama dengan BUMD pesawaran.

126

Pesawaran,- BeritaNatural.Net Setelah BUMD pesawaran budidayakan sorgum varietas sweet sorgum/sorgum manis unggul di desa Wiyono, kecamatan gedong tataan dan desa Legundi di pulau Legundi, kecamatan punduh pidada dengan hasil panen perhektare 4 ton mengunakan pupuk organik cair multifungsi yang di buat oleh BUMD pesawaran bersama PNS Mitra BUMD pesawaran. Dan Batang sweet sorgum dapat di produksi jadi gula dan kertas.

Maka pada hari ini menjalin kerjasama dengan Beguai Jejama – Pangan Mandiri Lampung barat yang di inisiasi Bung Dona Sorenty Moza,SE untuk menghadirkan bibit sorgum varietas biji sorgum durra Galur; B100, B95, B72, B68 hasil pemulian tanam sorgum oleh BATAN dengan teknik mutasi isotop dan radiasi. Indukan biji sorgum varietas durra memiliki sifat agronomi yang unggul dan berkualitas baik. Yang telah di budidayakan oleh para petani di kecamatan pagar dewa yang langsung di pimpin oleh pak BUPATI Parosil Mabsus dan pak Camat yones dalam pembudidayaan, peningkatan produktivitas dan diservikasi hasil pangan siap konsumsinya, Kamis (29/10/2020)

DIRUT BUMD pesawaran Ahmad Muslimin,SE menerangkan bahwa Kerjasama pertanian, perdagangan dan industri antar daerah sebelumnya telah di komunikasikan dengan Bapak BUPATI pesawaran sebelum cuti dan Bapak BUPATI Lampung barat. Dan baru hari ini terjadi kesepakatan kerjasama setelah BUMD pesawaran mendapatkan calon buyer sorgum di pulau jawa yang memiliki kebutuhan sorgum dari batang s/d buah 25Ton/hari.

Ahmad juga mengatakan bahwa kerjasama yang di jalin tidak hanya pada budidaya sorgum dan jual beli hasil panen sorgum saja. Tapi juga kerjasama pertanian, perdagangan dan industri pada komoditas lainnya yang terjadi dua(2) arah. Yakni Beguai jejama juga turut memasarkan produk BUMD pesawaran dan begitu pula sebaliknya.

BACA JUGA:  Tiga Hari Lagi Alat Pendeteksi Virus Corona PCR Dioperasikan, Gubernur Arinal Optimalkan Persiapan Seluruh Ruang Swab.

Dan hari ini Perusahaan Perseroan Daerah(PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD kabupaten pesawaran membeli bibit sorgum varietas durra dari Beguai jejama – Pangan Mandiri Lampung barat. Untuk di budidayakan oleh petani yang ada di desa-desa kabupaten pesawaran.

Ahmad juga pada hari ini mendelegasikan Deputy General Manager Maritim dan investasi Firman jaya untuk adakan kerjasama dengan para petani sorgum di Sumedang – Jawa barat untuk pemenuhan kebutuhan buyer yang telah menyatakan siap membeli hasil panen sorgum milik petani dari BUMD pesawaran. Dan juga berkomunikasi dengan Ir.Aris Sulistyo di Bantul – yogyakarta penemu teknologi pertanian tepat guna untuk adakan kerjasama antar daerah pada bidang pertanian, perdagangan dan industri. (A. Gani)