Program Kapulaga Organik Makmurkan Petani Indonesia(KOMPI) mitra BUMD pesawaran.

283

Pesawaran,- BeritaNatural.Net Buah Kapulaga merupakan rempah termahal No:3(TIGA) di dunia setelah Buah Vanili dan kembang saffron. Tanaman Kapulaga dari keluarga temu-temuan/jahe dan kategori Holtikltura jenis tanaman obat atau Farmaka yang memiliki rimpang buah di atas permukaan tanah, Rabu,25 November 2020

Dengan keunggulan:
1. Sekali tanam dapat tumbuh secara berkelanjutan sehingga siklus hidupnya panjang dan dapat di panen 4 kali dalam setahun jika buah di panen pada usia 3 bulan dari sejak berbungga. Dan dalam setiap tahun hasil panen buahnya terus meningkat.
2. Memiliki kemampuan meranggas saat terjadi kemarau panjang. Sehingga saat Batang dan daunnya mati, maka saat kena hujan akan tumbuh kembali dan tidak lama akan berbungga dan menghasilkan buah kembali. Tunas pada rumpun saat di lakukan penyiangan dapat di jadikan bibit.
3. Akarnya mengandung Fusarium non patogen yang mampu menghambat pertumbuhan gulma di sekitar rumpunnya. Akarnya dapat di olah jadi pestisida nabati pengendali hama.
4. Tanaman kapulaga dapat di tanam secara tumpang sari di aneka lahan perkebunan ataupun hutan belantara maupun di tanam secara rooptop dan pada tanah tunggal di beri pelindung buatan.
5. Kapulaga dapat menyehatkan dan menyuburkan tanah yang telah beresidu kimia.
6. Buah Kapulaga memiliki aroma mint dan mengandung;Vitamin (Antara lain:Riboflavin, niasin, vitamin C), Mineral, Serat, Terpinine, Borneal Eucalyptol, Camphor, limonene dan Fitokimia. Sehingga zat aktifnya besifat afrodisiak, Antimikroba atau antibakteri, antiimplamasi, antidepresan, analgesik, Diuretik, antioksidan dan detoksifikasi.
7. Kapulaga sebagai rempah rendah kalori dan lemak dengan Kandungan Nutrisi dalam 1 sendok makan buah kapulaga adalah, Sbb:
a).Kalori 18 gram
b).Karbohidrat 4 gram
c).Lemak 0.4 gram
d).Protein 0,6 gram
e).Serat 1,6 gram
f).kalsium 22,2 gram
g).zat besi 0,81 Mili gram
h).Kalium 64,9 Mili gram
i).fosfor 10,3 Mili gram
j).magnesium 13,3 mili gram.
8. Kulit terluar buah kapulaga, daun dan batangnya dapat di olah jadi pupuk organik. Sedangkan cangkang buah kapulaga bisa untuk bahan bakar.
9. Buah kapulaga selain untuk rempah penyedap makanan/masakan dan penghilang bau tak sedap atau untuk menghilangkan amis pada daging dan ikan. Juga sebagai bahan baku industri; farmasi, jamu, makanan, minuman, rokok, pupuk, kimia, dan kosmetik.
10. Kebutuhan cahaya matahari pada tanaman kapulaga 25% s/d 70% dan kebutuhan curah hujan 2.500 s/d 4.000mm pertahun. Serta bisa tumbuh pada 9MdPL s/d 199MDPL dan tumbuh subur pada 200MDPL s/1.000MDPL serta sangat subur pada tanah ketinggian 300MDPL s/d 500MDPL.

Kebutuhan buah kapulaga baik di dalam negri maupun di luar negri setiap tahun semakin meningkat. Sedangkan petani yang membudidayakan kapulaga sebarannya belum banyak. Dan saat ini di NKRI yang jadi sentra Budidaya kapulaga ialah pulau Jawa yang berada di provinsi Jawa barat yang tersebar di;Garut, Tasikmalaya, Bandung, Subang, Ciamis, dll. Sedangkan sentra budidaya kapulaga di pulau sumatera ada di Sumatera barat. Dengan demikian kapulaga memiliki komoditas ekspor yang penting dan bernilai ekonomis tinggi.

Sampai titik di atas maka Perusahaan Perseroaan Daerah(PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten Pesawaran meluncurkan program Kapulaga Organik Makmurkan Petani Indonesia yang di singkat KOMPI.
Dan KOMPI merupakan turunan dari Business plan Akademia Desapolitan Indonesia. Pelaksanaan KOMPI bisa di praktekan baik dengan pola, sbb:
A). Tripartit Kemitraan Agribisnis BUMD pesawaran:
~>Pola ini di dalamnya ada Petani sebagai pengelola lahan KOMPI, Investor(Pemerintah di tiap tingkatan, BUMN, Koperasi, BUMDES, KUBE, Perusahaan Swasta, Perbankan atau Lembaga keuangan lainnya, investasi perorangan ataupun dana hibah, yayasan atau organisasi lainnya) yang membiayai kegiatan atau memberikan modal Usaha KOMPI dan BUMD pesawaran sebagai management bisnis dan networking serta pembina KOMPI sampai dengan memberikan pendampingan dari sejak awal penanaman dan penyedia market hasil panen di dalam negri dan luar negri.
~Bibit dan pupuk di beli dari BUMD pesawaran.
~>hasil panen kapulaga di beli oleh BUMD pesawaran.
~>BUMD pesawaran memberikan keuntungan kepada pihak investor sebesar 40% dari laba bersih, hasil penjualan kapulaga.
~>10% keuntungan laba bersih di abdikan untuk program BERas sedeKAH(BERKAH) yang di salurkan untuk Rumah tangga belum mampu secara ekonomi ataupun bermasalah sosial.
~>50% laba jadi keuntungan BUMD pesawaran baik jadi PAD maupun untuk gaji karyawan dan biaya operasional BUMD pesawaran.

B) Pola kerjasama kemitraan antar petani dan BUMD pesawaran dan/atau antara BUMD Pesawaran dengan pihak lainnya yakni, sbb:
~>Petani ataupun pihak lainnya sebagai pengelola lahan KOMPI dan pemilik lahan untuk program KOMPI. ~>BUMD pesawaran menyiapkan; Bibit Kapulaga, pupuk organik cair plus Multifungsi dan pupuk kompos organik padat tricomposiana serta pengendali hama atau penyakit berupa pestisida nabati dan fungisida Bacterium. Yang di beli oleh petani atau pihak lainnya.
~>Hasil panen kapulaga di beli oleh BUMD Pesawaran.
~>Keuntungan petani sebagai pengelola di hasilkan dari penjualan hasil kapulaga basah dan kapulaga kering serta dari hasil penjualan bibit kapulaga.
~>10% keuntungan dari laba bersih di abdikan untuk realisasi program BERKAH.

BACA JUGA:  Gubernur dan Pimpinan DPRD Lampung Tandatangani Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019.

Adapun cara budidaya Kapulaga dapat di tanam dengan 2(DUA) cara. Baik dengan sistem polikultur maupun dengan sistem rooptop atau pelindung buatan.
Sistem polikultur yakni kapulaga di tanam secara tumpang sari atau sebagai tanaman sela pada lahan aneka perkebunan milik petani maupun di pekarangan rumah masyarakat dan atau pada lahan hutan milik negara maupun pada lahan-lahan tidur yang telah ada tanam tumbuhan keras.
Sedangkan sistem rooptop/dengan pelindung buatan yakni kapulaga di tanam sebagai tanaman tunggal pada lahan pertanian atau perladangan milik petani, pada pekarangan rumah masyarakat, lahan ekspertambangan dan lahan perkebunan milik negara berkonsensi HGU perusahaan swasta maupun BUMN dengan di bangun rumah atap seng plastik warna ataupun terpal warna dan atau rumah beratap waring hitam dengan rangka baja ringan maupun rangka kayu/bambu.
Kemudian persiapan awal s/d panen adalah, sbb:

}Penyiapan lahan KOMPI:
1. Sistem polikultur:
~>Rumput liar di bersihkan dengan cangkul.
~>Buat lubang tanam dalam 15cm s/d 20Cm X lebar 50cm jika pakai ajir/turus dan jika tidak pakai ajir atau turus maka lubang di buat sedalam 35cm s/d 50cm X lebar 50cm dan dengan jarak antar lubang dan tumbuhan yang telah ada minimal 1M X 2M dan maksimal 1M X 5M atau di sesuaikan dengan jarak tanam tumbuhan yang telah ada. Jika jarak tanam 1M X 2M pada lahan seluas 1Ha, maka 10.000M : 2 = 5.000 lubang untuk menanam 5.000batang kapulaga pada lahan seluas 1Ha.
Lubang tanam yang telah di buat di biarkan terbuka selama 3hari s/d 1minggu.
~>Menyiapkan pupuk kompos organik padat sebanyak 300kg untuk lahan seluas 1Ha yang akan di berikan pada lubang tanam saat menanam bibit kapulaga. dan juga menyiapkan pupuk organik cair 5.000ml untuk di larutkan dalam air 500 liter air yang akan di semprotkan ke tanah dan batang kapulaga saat setelah penanaman kapulaga sebagai penyiraman awal.
~>Bibit kapulaga di tanam ke dalam lubang dengan di beri pupuk kompos organik padat dan di tutup dengan tanah. Jika ada ajir maka batang bibit kapulaga di ikat pada ajir yang di tancapkan. Tali pengikat bisa mengunakan tali kulit pisang kering tau tali lainnya.

2. Sistem Rooptop:
~>setelah rooptop berdiri maka penyiapan lahan sama seperti penyiapan lahan polikultur. Dan jarak tanam bisa di buat 1M X 1M atau 1M X 1,5M dan tanah bisa di bajak terlebih dahulu dan kemudian di buat lubang tanam.

3. Jenis Tanah untuk pembudidayaan kapulaga yang terbaik adalah tanah yang memiliki kandungan organik yang tinggi dengan PH 5 s/d 7. Dan tanah memiliki sistem drainase yang terhubung dengan eMbung-embung mini yang di buatan pada areal tanam kapulaga. Yang kegunaannya untuk memanen air hujan agar ketersedian air untuk penyiraman tersedia dengan baik.
Dan kapulaga akan sangat tumbuh subur pada jenis tanah; latosol, pedasolih, merah kuning dan mediteran. Dan pada daerah tanah yang beriklim; tropis, gersang, atau semi gersang dan beriklim sedang.

4. Ketinggian yang di butuhkan tanaman kapulaga untuk tumbuh subur adalah 200MDL s/d 1.000MDPL dan akan sanggat tumbuh subur pada ketinggian tanah 300MDPL s/d 500MDPL. Dengan suhu 10 s/d 35 derajat Celcius. Yang bercurah hujan 2.500mm s/d 4.000mm dalam setiap tahunnya. Apabila terlalu tinggi maka produktivitas bunga dan buahnya tidak maksimal. Begitupula jika tanahnya terlalu rendah dari permukaan laut.

5. Kapulaga membutuhkan pohon pelindung pada sistem tanam polikultur dan dan pemindung buatan pada sistem rooptop. Dan kebutuhan cahaya matahari adalah sekitar 25 s/d 70% dan tidak boleh lebih dari 70% panas matahari yang menyinari tanaman kapulaga.

BACA JUGA:  TPKAD Kabupaten Lampung Utara Dikukuhkan

6. Pembibitan:
~>Bibit generatif(dari biji kapulaga yang di panen lebih dari usia 3 bulan) dengan cara: biji bersihkan dari kulit luar. Kemudian di semai pada tanah berpupuk organik. 10 bulan kemudian sudah siap tanam.
~>Bibit vegetatif(bibit kapulaga di ambil dari tunas/anak ruas kapulaga pada rumpun kapulaga yang telah berumur 1 s/d 2 tahun telah di tanam) pemilihan anakan kapulaga untuk jadi bibit stek unggul adalah pada anak ruas kapulaga yang memiliki 4 s/d 8 helai daun dan tinggi batang 80cm s/d 100cm dengan sedikit akar dan telah ada benjolan bakal tunas.
~>BIBIT kapulaga sekali tanam saja. Dan pada usia 12 bulan, rumpun kapulaga saat penjarangan batang yang di ambil bersama akarnya bisa jadi bibit kapulaga. Bibit kapulaga bisa di gunakan untuk perluasan lahan KOMPI, dan bisa juga di jual, serta bisa di sedekahkan kepada petani atau tetangga yang mau menanam kapulaga di kebunnya atau pekarangan rumahnya.

7. Penanaman:
~>bibit kapulaga sangat baik di tanama pada saat masuk musim hujan pada bulan 10, 11, 12, 1 s/d 4.
~>kapulaga juga tetap bisa juga di luar bulan tersebut di atas.

8. PEMUPUKAN:
~>saat awal penanaman bibit kapulaga.
~>Pada usia 1 bulan setelah bibit kapulaga di tanam. Dengan mengunakan pupuk organik cair plus Multifungsi. Untuk lahan 1Ha 10.000ml di larutkan dengan air 720Liter. 360liter di semprotkan ke daun dan batang sedangkan yang 360liter di kocor dengan membuat lubang melingkar atau membuat lubang di kiri kanan tanaman kapulaga yang kemudian lubangnya di tutup kembali.
~>Usia 3 atau 4 bulan setelah bibit kapulaga di tanam dengan memberikan pupuk organik padat sebanyak 600kg yang di taburkan pada lubang sekeliling tanama kapulaga dengan diameter 20cm dari batang kemudian lubang melingkar di tutup kembali dengan tanah.
~>usia 6 atau 7 bulan kemudian terhitung sejak awal tanam di beri pupuk organik padat 300kg dan pupuk organik cair plus multifungsi 5.000ml di larutkan pada 720liter air, yang 360liter untuk di kocor dan 360liter untuk di semprotkan pada batang dan daun. 400 kg pupuk padat organik setelah di tabur ke dalam lubang melingkar pada rumpun maka di kocor dengan pupuk organik cair dan kemudian lubang di tutup kembali dengan tanah.
~>tanaman kapulaga setiap bertambah usianya 6 atau 7 bulan maka wajib di beri pupuk organik padat dan organik cair. Agar hasil panennya maksimal.

9. PEMELIHARAAN:
~>tahun pertama ada penyiangan atau pembersihan gulma pada sekeliling rumpun kapulaga.
~>pada usia 1tahun atau 1,5 tahun rumpun kapulaga di adakan penjarangan agar bunga kapulaga jadi buah maksimal.
~>di usia 1,5tahu atau 2 tahun rumpun kapulaga di adakan pengikatan batang tengahnya agar daun yang jatuh tidak menimpah bunga kapulaga.
~>sebulan sekali di adakan pembersihan daun kering yang ada di dalam rumpun kapulaga.
~>di adakan pencekan hama dan penyakit agar segera dapat di atasi.
~>pengendalian hama dan penyakit dengan mengunakan pestisida nabati yang di larutkan dengan air bersih lalu di semprotkan . Hama dan penyakit yang menyerang tanama kapulaga adalah; kutu, penggerek batang, penggerek buah, kumbang pemakan daun, busuk akar, mozaik dan busuk daun.

10. PEMANENAN:
~>Kapulaga pada usia 5 (lima) dan 6(enam) bulan sudah belajar berbunga dan usia 8(delapan) bulan dan 9(sembilan) bulan buahnya sudah bisa di panen perdana. Hasil panen perumpun bisa mencapai 250gram s/d 500gram
~>pada usia 12 bulan kembali panen. Hasil perumpun bisa mencapai 500gram s/d 750gram
~>selanjutnya setiap pertiga bulan buah kapulaga bisa di panen dengan hasil panen semakin bertambah. Hasil panen tanaman kapulaga pada usia 2tahun perumpun bisa mencapai 1kg s/d 2kg.
~>ciri buah kapulaga hybrida siap panen; buah bewarna merah keungguan, di pijat sudah keras dan cangkang tampah ada kerutan, hasil panen terbaik usia buah 3 bulan dari sejak berbunga.
~>ciri kapulaga non hybrida siap panen; buah berwarna putih kekuningan atau putih keemasan, di pijat sudah keras, cangkang tampak ada kerut, usia panen tebaik 3 bulan sejak berkembang.
~>usia kapulaga 2 bulan juga bisa di panen jika miliki ciri seperti di atas.
~>kapulaga bisa di panen 4 kali setelah usia kapulaga berumur 12 bulan dalam setiap tahunnya, jika pertiga bulan masa panennya.

Adapun manfaat buah kapulaga untuk kesehatan adalah, sbb:
1. Mengurangi stres:
Kapulaga yang bersifat antidepresan sangat baik untuk mengatasi depresi dan meremajakan sel tubuh. Dengan menghirup aroma minyak atsiri kapulaga atau minum teh kapulaga.

BACA JUGA:  Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung Dengan Agenda Penyampaian Nota Keuangan Atas Raperda Tentang Perubahan APBD TA 2021.

2. untuk pencernaan:
Kapulaga sebagai rempah yang kaya serat sehingga ampuh mengatasi aneka penyakit pencernaan yang antara lain; sembelit, nyeri perut, kejang usus s/d menambah nafsu makan.

3. Mencegah, mengatasi dan mengobati infeksi:
Ekstark kapulaga baik berupa serbuk, minyak Atsiri dan minuman herbal kapulaga ampuh melawan dan mematikan aneka jenis virus, jamur dan bakteri dalam tubuh manusia karna ekstrak kapulaga dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia. Cara membuat teh kapulaga original adalah 3 butir kapulaga di rebus dengan 500ml air bersih sampai mendidik dan sangat baik di saat ada COVID19 saat ini di minum pada pagi hari dan malam hari.

4. Meredakan nyeri dan peradangan:
Serbuk kapulaga , minyak Atsiri kapulaga dan teh kapulaga sangat ampuh mengatasi sakit gigi, nyeri sendi, nyeri otot, gusi bengkak, sakit kepala dan nyeri haid.

5. Untuk kesehatan tulang:
Vitamin dan mineral yang di kandung kapulaga dapat menjaga kesehatan tulang dan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis secara dini jika rutin di konsumsi.

6. kesehatan ginjal, jantung, hati, paru-paru dan saluran kencing.

7. mengobati diabetes, hipertensi, kanker, asam lambung, tumor kulit, bisul, asma, batuk dan pilek/influenza.

8. menurunkan berat badan dan atasi kedinginan dengan rutin minum teh kapulaga.

9. Mencegah penuan dini karna ekstrak kapulaga mampu mencerahkan kulit, memperlambat kulit keriput dan mengangkat sel kulit mati.

10.Meningkatkan seksualitas pria dan mengobati ejakulasi dini dan impotensi.

Cara menyajikan kapulaga sebagai makanan, minuman dan pada masakan serta sebagai obat herbal atau jamu siap konsumsi dan atau sebagai minyak oles adalah, sbb:
1. sebagai penyedap masakan dan penguat aroma sedap pada masakan yakni buah kapulaga yang telah di keluarkan dari cangkangnya di gunakan sebagai rempah pada masakan sayur opor, gulai, sop, soto, bakso, kari, pindang, cincang, rendang, rawon dan kue.

2. minyak esensial kapulaga di buat dengan cara buah kapulaga di olah dalam mesin pengolahan minyak Atsiri.

3. Sebagai minuman herbal dapat di buat dengan cara; air bersih sebnayak 500ml di rebus dengan 1 kantung teh celup setelah warna air coklat maka kantung teh celup di buang lalu di beri 3 biji kapulaga yang telah di keluarkan dari cangkangnya. Agar tambah nikmat dapat di tambah 2mg kayu manis dan 3 biji cengkeh kering. Saat di minum dapat juga di tambah madu 1 sendok. Atau bisa juga 6 biji kapulaga di rebus dengan air 1.000ml setelah mendidih di angkat kemudian untuk di seduh dengan kopi bubuk premium Andan jejama atau di seduh dengan serbuk coklat KAHUT 3 in 1.

4. Untuk menghasilkan ekstrak kapulaga dalam bentuk serbuk dapat juga dengan cara mengiling 2 ons/200gram biji kapulaga yang telah di keluarkan dari cangkangnya. Baik menggilingnya dengan mesin ataupun di tumbuk sampai halus. Kemudian dapat di gunakan untuk campuran minum coklat, minum kopi, minum teh, dan untuk campuran garam spa permata legundi. Maupun untuk campuran lulur kulit dan masker masker wajah butter Cocoa garam permata legundi.

5. biji kapulaga yang masih dalam cangkang sebanyak 50 gram s/d 100gram di masukan dalam kantung jaring untuk di gunakan sebagai aroma terapi. Atau 200gram kapulaga di taruh dalam piring cekung untuk di hirup aromanya sebagai aroma terapi. Atau kapulaga kering masih dalam cangkang di gerus dan di masukan dalam kantung goni sebagai ekstrak aroma terapi.

Note:
~>petani atau masyarakat yang mengikuti program KOMPI bisa membeli bibit kapulaga hybrida unggul dari BUMD pesawaran.
~>mendapatkan pendampingan dari BUMD pesawaran.
~>hasil panen di beli oleh BUMD Pesawaran dengan harga terbaik tanpa terpengaruh oleh musim.
~>petani yang mengikuti program KOMPI mitra BUMD pesawaran saat ini tersebar di; kabupaten pesawaran, kabupaten Pringsewu, kabupaten Tanggamus, kota bandar Lampung, kabupaten Lampung timur, kabupaten Lampung tengah, kabupaten Lampung Selatan, kabupaten Lampung Utara, kota metro, petani di belitang – sumatera selatan binaan Yahya PNS BUMD pesawaran dan petani di Blitar di pulau Jawa binaan Iwan PNS BUMD pesawaran. (A. Gani)