Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Berikan Edukasi Pengambilan Akta Cerai Tergugat.

132

Bandar Lampung,- {BN.Net} Pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan tinggi Agama bandar Lampung berikan edukasi dalam tata cara pengambilan akta cerai bagi pihak tergugat dengan daerah kabupaten/kota yang berbeda. Jum’at (04/12/2020).

Drs. Hi. Ibrahim Kardi SH,.M.Hum melalui Drs. Ridwansyah sebagai pejabat bertugas pemberi informasi menyampaikan kepada awak media terkait kemudahan serta alur pengambilan akta cerai yang berbeda kota atau kabupaten cukup berkoordinasi dengan pengadilan agama terdekat atau di mana wilayah para pihak berdomisili.

“Dalam hal ini pengadilan agama tersebut akan menyampaikan surat permohonan untuk pengambilan akta cerai” Jelasnya

Lebih lanjut Drs. Ridwan menjelaskan terkait akta cerai, Mahkamah agung mengeluarkan tiga lembar satu untuk Penggugat/pemohon dan satu untuk Tergugat/ termohon serta satu untuk arsip Pengadilan Agama, yang menerbitkan akta cerai tsb yang masing masing mempunyai register barcode yang bisa dicek melalui android keaslian akta cerai tersebut.

Namun jika PNS yang mengajukan cerai jika telah putus dan sudah inkracht (berkekuatan hukum tetap) dan sudah mendapat kan akta cerai jika yang bersangkutan meminta untuk keperluan administrasi sebagai PNS, boleh difotokopi legalisir sebanyak sesuai keperluannya

“Akta cerai yang sah mempunyai register barcode dan jika barcode tersebut discan melalui hp akan muncul visual video yang menyatakan bahwa akta cerai tersebut asli”. tuturnya (Red)

BACA JUGA:  Bantu Atasi Wabah Covid-19, Forum Perempuan Peduli Serahkan Bantuan Untuk Tenaga Medis.