Rumput Laut Sargassum Dari Tak Bernilai Kini Bernilai Dan Pasar Eksport Terbuka.

244

Pesawaran,- {BN.Net} Perairan laut republik Indonesia termasuk di provinsi Lampung, terutama pada daerah yang memiliki garis pantai perairan laut seperti di kabupaten pesawaran memiliki kekayaan yang berlimpah.

Salah satunya adalah rumput laut jenis sargassum yang tumbuh liar di perairan lautan.

Kemudian Perusahaan Perseroan Daerah(PERSERODA) PT. Aneka Usaha Laba jaya utama – BUMD Pesawaran telah mengedukasi para nelayan agar memanen rumput laut jenis sargassum, Untuk meningkatkan penghasilan para nelayan.
Dan nelayan desa Legundi di pulau Legundi kecamatan punduh pidada yang menggeluti pemanenan rumput laut sargassum liar serta membudiyakan rumput laut sargassum telah juga di ikut sertakan BIMTEK yang di selenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Lampung. BIMTEK juga di ikuti oleh manpower di BUMD pesawaran.

Kemudian DIRUT BUMD pesawaran Ahmad Muslimin,SE mencari pangsa pasarnya. Dan akhirnya bertemu dengan DIREKTUR CV.PAA Agi giantoro buyer rumput laut sargassum di kabupaten Lampung Selatan. Yang di lanjutkan dengan Rapat bersama di kantor pusat BUMD pesawaran di HORTIPARK jl.baru negeri sakti, desa kurungan nyawa, kecamatan gedong tataan.

Di dalam rapat pembahas mengerucut ke arah kerjasama jual beli rumput laut jenis sargassum antara CV. PAA dengan BUMD pesawaran. dan CV. PAA siap menerbitkan kontrak jual beli rumput laut sargassum sebanyak 500/ton dalam perenam bulan atau pertahun untuk pemenuhan eksport CV.PAA ke mancanegara.

Adapun negara tujuan eksport rumput laut sargassum antara lain ke negara; Tiongkok, Jepang, Korea, dll.

“Menuju kerjasama yang akan di jalin, BUMD Pesawaran terlebih dahulu akan adakan pertemuan secara marathon dengan para nelayan. Setelah fix dalam kesiapan nelayan dalam pengadaan rumput laut sargassum maka DIRUT BUMD Pesawaran akan bertemu kembali dengan Direktur CV. PAA,” ungkapnya. (A.gani)

BACA JUGA:  DPW APSI Lampung Gelar Rakor dan Halal Bihalal.