Pengiriman Vaksin Untuk Pesawaran Diharapkan Berjalan Dengan Lancar.

199

Pesawaran,-  {BN.Net} Menyusul tibanya Vaksin Covid-19 tahap pertama di Provinsi Lampung sejak beberapa hari yang lalu. Hal itu juga Dinas Kesehatan Provinsi Lampung sudah menyalurkan vaksin sinovac ke tiga daerah Kota Bandar Lampung, Metro dan Lampung Selatan.

Sehubungan hal tersebut, rencananya, besok Kamis (14/1/2020) Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona akan menjalani vaksinasi Covid-19 perdana bersama Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, Bupati Tulang Bawang, Minarti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana serta beberapa orang pejabat publik di Lampung.

Kendati demikian, juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran, dr Aila Karyus memastikan akan segera segera mendapatkan distribusi vaksin Sinovac tahap pertama yang sudah dilepas secara resmi Kementerian Kesehatan belum lama ini.

Dikatanya, walaupun saat ini Ka bupaten Pesawaran tengah menunggu distribusi Vaksin Sinovac dari pihak Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk Pesawaran, pihaknya sudah mengajukan sebanyak 1.453 vaksin.

“Untuk Pesawaran sendiri kita sudah mengajukan Vaksin tahap pertama kurang lebih sebanyak 1.453, dan untuk penerimaan vaksinnya kita belum tahu. Itu kan bertahap dan pihak provinsi-lah yang menenukan kapan atau tidaknya vaksin itu disalurkan,” katanya saat wartawan ‘Fajar Sumatra’ menghubunginya melalui telpon genggamnya, Rabu (13/1/2020).

Saat ini, menurut dr.Aila Karyus, Dinas Kesehatan Pesawaran tinggal menunggu kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

“Kita belum bisa menjadwalkan kapan pengiriman vaksin itu, karena masih menunggu dari Provinsi Lampung,” ujar dr Aila.

Aila menyatakan, vaksin sinovac tersebut, nantinya akan diprioritaskan bagi orang-orang yang belum terkena Covid-19 yang usianya antara 18 hingga 59 tahun.

“Itu ketentuan dari pusat. Berhubung saya juga seorang dokter, jadi ketentuan itu sangat masuk akal. Orang yang terinfiksi Covid-19 ini kan berarti sudah ada sistem kekebalan di dalam tubuhnya,itu sih sementara,” paparnya.

BACA JUGA:  Mutasi Polri, Direktur Reskrimum dan 8 Kapolres Polda Lampung Berganti.

Masih kata Aila, dari data yang kita punya dari awal bulan hingga sekarang ada 336 orang yang positif covid-19, dan yang masih dalam isolasi ada 77 orang, itu ada yang di isolasi mandiri dan ada yang dirawat di Rumah sakit. Sedangkan yang meninggal dunia ada 15 orang,”terangnya.

Untuk vaksinasi tahap pertama nanti, lanjut dr. Aila, Dinkes Pesawaran telah menyiapkan vaksinator atau petugas vaksinasi sebanyak 75 orang.

“Mereka (vaksinator) dari Dinkes setempat mulai besok mengikuti pelatihan vaksinator. Pelatihan selama tiga hari dimulai dari hari Kamis, Jumat fan Sabtu yang dimulai dari besok,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Aila, vaksin itu kan bertahap pendistribusiannya dan baru tiga daerah yang sudah menerima vaksin diantaranya Kota Bandar Lampung, Lamsel dan Metro,”tutur Aila.

Aila pun meminta, agar nantinya pengiriman vaksin untuk wilayah Kabupaten Pesawaran tidak terhambat dan berjalan lancar.

“Pengiriman vaksin untuk Pesawaran diharapkan berjalan dengan lancar. Begitu pun, sambungnya, masyarakat Pesawaran agar tidak khawatir terhadap vaksin Covid-19. Pemkab memastikan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan aman,” pungkasnya. (A. Gani)