Bupati H. Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P bangun DEWI dan DEDI di Pesawaran.

302

Pesawaran,- {BN.Net} Bapak Presiden RI JOKOWI dalam rangka akselerasi Pembangunan Indonesia maju di dalam RPJMN 2020 – 2024 telah canangkan tentang pengembangan desa terpadu dengan program Desa wisata dan Desa Digital (DEWI dan DEDI). Lintas kementerian dan lembaga (K/L) telah di perintahkan juga untuk kolaborasi intervensi untuk mewujudkan DEWI dan DEDI. Dalam data BAPPENAS RI menyebutkan jumlah DEWI dan DEDI yang jadi target dalam RPJMN 2020 – 2024 sebanyak 244 DEWI dan 71.391 DEDI.

Deputi II kepala Staff kepresidenan RI juga telah terbitkan surat nomor: B-80/KSP/D.II/10/2020 pada tanggal 13 Oktober 2020 perihal rangkuman daftar usulan DEWI dan DEDI ada 31 desa, DEWI dan DEDI pontensial yang perlu di kaji lebih lanjut mengenai kolaborasi intervensi dari masing-masing K/L.

Kemudian KEMENKO PMK RI via Deputi bidang pemerataan pembangunan wilayah dan penanganan bencana KEMENKO PMK RI bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Dody usodo HSG telah melaksanakan RAKOR Lintas K/L untuk realisasikan DEWI dan DEDI. Sehingga ada usulan dari K/L terkait pengembangan DEWI dan DEDI lokusnya berada di 205 desa, 143 kecamatan, 85 kabupaten dan 26 provinsi.

WAMENDES PDTT RI juga telah bertemu Menteri PAREKRAF RI untuk percepatan pembangunan DEWI dan DEDI. Bahkan Deputi pengembangan destinasi dan infrastruktur KEMENPAREKRAF RI kini sedang mengkaji ulang profil desa yang telah di tetapkan sebelumnya sebagai DEWI dan DEDI, sehingga bisa bertransformasi jadi desa wisata dan desa digital maju.

BUPATI Pesawaran H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P untuk menopang apa yang telah di canangkan dalam RPJMN 2020 – 2024 terkait DEWI dan DEDI. Beliau telah melaksanakan kolaborasi intervensi lintas OPD. Sehingga lahirlah program; One Village One Destination(OVOD), Kemilau pesawaran dan pembangunan DEWI dan DEDI di 45 desa pontensial dalam 11 kecamatan di kabupaten pesawaran.

Saat ini prototype DEWI dan DEDI yang telah on progress di kerjakan oleh KABAG SDA bersama OPD terkait ada di:
1.Kecamatan teluk pandan ada di desa: Hanura, gebang, Sukajaya lempasing, lempasing, talang mulya, batu menyan, Margodadi, hurun dan munca.
2.Kecamatan way ratai ada di desa: Pesawaran indah, Wates, gunung Rejo, Ceringin asri, sumber jaya dan Harapan jaya.
3.Kecamatan Padang cermin ada di desa: sanghi, way utang dan durian.
4.Kecamatan marga punduh ada di desa: Pahawang, ketatang, pekon ampai dan maja.
5.Kecamatan punduh pidada ada di desa: Legundi, sukamaju, pagar jaya, kota Jawa dan bawang.
6.Kecamatan Gedong tataan ada di desa: sungai langka, kurungan nyawa, Negri sakti, Kebagusan, Wiyono, sidototo, taman sari, bogorejo, cipadang, sukabanjar dan bagelen.
7.Kecamatan waylima ada di desa: Margodadi, kota dalom, gunung Rejo, dan cimanuk.
8.Kecamatan waykhilau di desa: bayas jaya dan kubu batu.
9.Kecamatan kedondong di desa: kedondong.
10.Kecamatan negri Katon ada di desa: Purworejo, negri Katon, Pujo Rahayu dan karang anyar.
11.Kecamatan Tegineneng di desa: Bumi agung.

BACA JUGA:  Ikuti Instruksi Kapolri, Polresta Bandar Lampung Kirim Beras Door to Door.

Untuk DEWI dan DEDI Hanura dan Gunung Rejo telah di ikut sertakan dalam festival desa wisata Nusantara 2019. Dan saat KADIS PAREKRAF provinsi Lampung KUNKER ke pulau Legundi maka Untuk desa pulau Pahawang akan ada penambahan destinasi sport center modern seluas 200 Ha kolaborasi antara pemerintah dan owner pemilik lahan.
Bapak BUPATI H.DENDI dalam pembangunan DEWI dan DEDI telah menetapkan lokasi pembangunan Hotel JW. MARRIOT di dekat destinasi wisata pantai Mutun sebagai daya dukung PEMDA kabupaten pesawaran mewujudkan DEWI dan DEDI Maju.

BAPAK BUPATI pesawaran H. Dendi juga dalam RUPS 2021 BUMD pesawaran perintahkan DIRUT BUMD Pesawaran untuk realisasikan Program EDUWISATA COKLAT Tripel helix turunan dari Business plan Akademia Desapolitan Indonesia (ADENDI) yang di kemukakan oleh Bapak KOMUT BUMD pesawaran Prof.Dr.Wan Abas Zakaria di dalam RUPS. Tripel Helix adalah kolaborasi antara Akademi (PTN dan PTS) Bisnis (Perusahaan Plat merah dan Swasta) dan Government (Pemerintah di tiap tingkatan) dalam membangun bisnis terintegrasi, terpadu dan berkelanjutan yang integral dengan hilirisasi industri dan bisnis information and communication technology baik di sektor trading, investasi, agriculture, agribisnis, agroindustri, agroteknologi, agropolitan, minapolitan, pariwisata dan teknologi berbasis Digitalisasi, Energi baru terbarukan, Bigdata dan Internet Of Thing sehingga sampai terwujud adanya DESAPOLITAN.

BUMD pesawaran khusus untuk pembangunan DEWI dan DEDI di desa-desa dalam 5 kecamatan di daerah pesisir telah membuat busines plan Eco-Waterfront Alam Lingkungan dan Industri (E-WALI) City.

DIRUT BUMD Pesawaran Untuk realisasikan DEWI dan DEDI dalam busines plan ADENDI dan E-WALI City, Berkoordinasi dan Bersinergi dengan KABAG SDA, KABAG Perekonomian, KADIS Pariwisata, KADIS PMD, KADIS PERINDAG, KADIS Perhubungan, KADIS Perikanan dan Kelautan. Selanjutnya untuk gerakan E-WALI CITY DIRUT BUMD pesawaran memulai kerjasama dengan antar pihak, yakni:

BACA JUGA:  Pemerintah Kota Metro Jalin MoU Dengan Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Kerjasama dengan LIPI provinsi lampung untuk produksi Natrium carbonat dari air laut pesawaran. Pilot plan projek sudah masuk di Kemristek dan KA.BRIN RI. Dan juga akan gandeng PT.Golden sari dalam penyediaan bahan baku yang di butuhkan.

Kerjasama dengan Koperasi TEGARINDO dan KUBE Garam Permata Legundi untuk bangun ECO EDUWISTA GARAM Blue Diamond in Legundi island. Pulau Legundi oleh Bapak BUPATI H.DENDI telah di pasang listrik tenaga diesel dan jemput bola ke kementerian KKP dan Kementerian Perdagangan untuk Revitalisasi pasar desa Legundi. Beliau juga telah membawa GUBERNUR Lampung dan Stakeholder terkait untuk bangun pulau Legundi jadi desa wisata dan desa digital. Pak BUPATI juga akan berikan kapal untuk di kelola BUMD pesawaran sebagai sarana transportasi di perairan laut pesawaran. Selain itu pak BUPATI juga via BUMD pesawaran telah intruksikan untuk dirikan Gedung kemilau pesawaran di kota bandar Lampung dan menyiapkan transportasi darat Pesawaran Trans Kawula dan wIsaTA(PESAN KITA). Bahkan KADIS PAREKRAF Provinsi Lampung yang telah berkunjung ke pulau legundi sudah rencanakan membangun sarana dan prasarana pendukung desa wisata di dusun lubuk agung desa Legundi kecamatan punduh pidada yang telah ada industri garam dengan NaCL 99,61%. Saat KADIS PERINDAG Provinsi Lampung berkunjung juga mendukung industri garam permata legundi untuk produksi garam konsumsi, Garam SPA untuk terapi kesehatan, garam Aquatic, biten/minyak garam untuk aneka kebutuhan industri farmasi dan bahan baku pembuatan kolam laut mati untuk kesehatan. Dan KADIS Sosial Provinsi Lampung juga siap untuk kerjasama dengan BUMD pesawaran untuk jadikan gedung panti Mardiguna sebagai laboratorium lapangan dan sekolah garam.

Kerjasama dengan LPPNU SUMSEL dengan tidak lanjutnya adakan FGD bersama kepala pusat pelatihan KEMENDES PDTT RI Dr.Mulyadin Malik dan dalam waktu dekat ini akan bertemu kembali di Jakarta membahasa desa wisata dan desa digital maju menuju DESAPOLITAN Maju.

BACA JUGA:  Direspons Positif, Dua Perusahaan Siap Suplay Kebutuhan Pupuk Program Kartu Petani Berjaya.

Bapak BUPATI H.DENDI juga perintahkan BUMD pesawaran untuk adakan kerjasama dengan KEMENLU RI via Direktorat America II denagan adakan Diseminasi Flatform Digital Indonesia, Amerika Latin dan Caribia Timur(INA-LAC) Forum Bisnis 2021 di Gedung Gallery Pesawaran yang di bagun dari dana hibah Kementerian Perdagangan RI di HORTIPARK dengan daya dukung dari DEKRANASDA Kabupaten Pesawaran, OPD dan Stakeholder terkait yang akan adakan Pembuatan Tapis AL-Qur’an Akbar.

Dengan adanya serangkaian kegiatan yang telah di laksanakan oleh Bapak BUPATI Pesawaran. Harapannya pengembangan DEWI dan DEDI dalam RPJMN 2020 – 2024 dapat terlaksana secara baik dan benar. Dalam hal realisasi DEWI dan DEDI KADIS pariwisata dan EKRAF kabupaten pesawaran akan gelar RAKOR. Pangkas (A. Gani)