BUMD Pesawaran Pimpim Rapat Terbatas Membahas Tentang SEKAM

208

Pesawaran,- {BN.Net} Dirut Perseroda PT. Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD kabupaten pesawaran pimpim rapat terbatas membahas tentang SEKAM sebagai bahan baku penghasil listrik sebagai Energi Baru Terbarukan dengan menggandeng Pemerintah(Pusat, Daerah dan Desa), Koperasi ENergi Desa Indonesia(KENDI), Akademi, BUMN, BUMDES dan Perusahaan Swasta.

Dan limbah akhir dari pembakaran sekam berupa abu akan di panen biosilikanya dan di produksi jadi nanobiosilika padat maupun nanobiosilika cair yang harga perkilonya lebih mahal dari harga sekilo beras kualitas premium.
Nanobiosilika dapat di gunakan untuk pupuk, pengawet jalanan, dll.

Untuk menghasilkan listrik 20MW s/d 30MW pertahun di butuhkan sekam sebanyak 80.000ton yang di hasilkan dari lahan pertanian padi seluas 80.000Ha dengan hasil panen rata-rata 5ton perhektarenya, maka akan hasilkan gabah kering panen sebanyak 400.000ton.

Untuk lokasi power plan ada banyak pilihan, di antaranya adalah.
1. Merevitalisasi pabrik pupuk organik di desa Tegal sari, kecamatan gading rejo-pringsewu yang berbatasan dengan desa Purworejo, kecamatan negeri Katon, kabupaten pesawaran.
2. Merevitalisasi Gudang Besar BUMD pesawaran di HORTIPARK jl.baru negri sakti, kecamatan gedong tataan.
3.Di 9,7Ha lahan taman jejama di sidototo kecamatan gedong tataan.

BUMD pesawaran sudah juga berkomunikasi dengan KENDI dalam pembangunan power plan biomassa tersebut di atas. Pangkas (A. Gani)

BACA JUGA:  Inovasi: Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Gelar Seleksi Eselon 4.