Belajar Pemberdayaan Masyarakat Di Payungi University.

250

Bandar Lampung,- {BN.Net} Perwakilan Bidang Generasi Muda DPD Gelora Kabupaten Tulang Bawang Barat, sabtu (13/2/2021) melakukan kunjungan sekaligus belajar tentang pemberdayaan masyarakat di Payungi University.

Ini adalah sesi pertama pembelajaran dari program sekolah desa yang dilakukan. Karena memang dalam 2 bulan kedepan, 6 orang perwakilan dari Gelora Tubaba akan intens datang dan belajar di Payungi.

Pada sesi pertama kemarin, para fasilitator dari Payungi University memberikan materi tentang social mapping dan trilogi pembangungan desa. Mas Dwi, mas Mustika, mas Dharma dan Pak Tsauban selaku fasilitator seharian sabar menemani para peserta berdiskusi.

Tengah hari, datang juga 3 orang pengurus Gelora Lampung Tengah yang juga ikut berdiskusi dengan para penggerak Payungi. Rencananya teman-teman Lampung Tengah bulan Maret akan mengirim juga kader-kader mudanya untuk mengikuti program sekolah desa di Payungi University.

Seperti yang kita ketahui, dalam dua tahun ini Payungi University sangat aktiv memberikan banyak pembelajaran kepada banyak lembaga dan komunitas yang ada di Lampung bahkan luar Lampung.
Catatan kami, banyak mahasiswa dan komunitas yang berasal dari Malang, Jogja, Sumatera Selatan dan daerah lain, melakukan penelitian dan belajar tentang pemberdayaan masyarakat di Payungi.

Kini payungi telah menjadi semacam pabrik pencetak ide dan kreativitas, khususnya dalam hal sosial movement dan pemberdayaan masyarakat.

Selain pasar mingguan, kini di Payungi University, hampir tiap hari banyak program dan kegiatan yang dilakukan. Ada kampung bahasa, sekolah perempuan, sekolah kreator, pesantren wirausaha, serta masih banyak lagi program yang dilakukan disana. Bahkan, 1 Maret 2021 bila tidak ada kendala, mereka akan mulai meresmikan program barunya, yaitu kampung kopi payungi.

Tidak hanya dilokalan Metro Pusat.
Kini Payungi sudah memiliki adik pemberdayaan di Pasar Sunmory Way Kanan dan Pak Tejo di Metro Timur.

BACA JUGA:  Setiap Hari Jum'at, Dengan 3000 Dapat Makan dengan kenyang di Warung Makan Barokah.

Partai Gelora Provinsi Lampung merasa beruntung bisa belajar dan berkolaborasi bersama Payungi University. Kedepan tentunya setiap kepengurusan DPD Gelora di 15 Kabupaten, Kota yang ada di Lampung, kami minta untuk belajar di Payungi University. Tahun lalu, ada 4 DPD yang belajar di Payungi. Tahun ini target kami 11 DPD lainnya bisa belajar disana.

Sukses terua untuk Payungi University.
Terus menebar kebaikan. (*)