Anggota DPRD Lampung Mengajak Masyarakat Kolaborasi Untuk Mengoptimalkan Potensi Daerah.

97

Lampung,- {BN.Net} Banyaknya lahan kosong di sekitar rumah warga masyarakat khususnya di daerah Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Mesuji yang kurang termanfaatkan secara optimal, membuat Semin, anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PKS mengajak dan berkolaborasi bersama warga untuk mengoptimalkan potensi bagus tersebut.

Hal ini ia lakukan pada agenda reses di Desa Sukamaju Kecamatan Banjarmargo Kabupaten Tulangbawang, 24 Februari 2021

Terkait hal tersebut ia menawarkan program tanam kemitraan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah.

Ketua DPD PKS Tulangbawang Barat ini menawarkan untuk kemitraan atau berkolaborasi dalam penanaman pohon buah alpukat di pekarangan atau lahan kosong tersebut.

Dua hal, kata dia, manfaat menanam pohon alpukat, yakni selain dapat menikmati buahnya saat panen, tentu akan berdampak secara ekonomi sebab buah alpukat memiliki nilai jual yang baik.

“Masyarakat cukup menyiapkan lahan kosong di pekarangan rumah. Adapun bibit dan perawatan akan disiapkan oleh mitra. Setelah panen baru dihitung bagi hasilnya setelah dikurangi biaya perawatan,” Ucapnya

“Perlu adanya usaha ekonomi produktif yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Daripada ditanami tumbuhan yang tidak menghasilkan maka lebih baik ditanami buah-buahan yang bernilai ekonomis, dan alpukat salah satunya,”jelas Semin

Untuk menunjang hal tersebut, Semin menjelaskan, warga hanya perlu menyiapkan tempat. Sedangkan bibit  dan perawatan sampai panen kami yang kerjakan.

“Nanti saat telah berbuah dan panen saya dan tim yang akan membeli dengan harga yang ada di pasaran saat itu. (rls)

BACA JUGA:  Pemprov Dorong Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kembangkan Sikap Akhlakul Karimah.