Untuk Kedua Kalinya Mewakili Provinsi Lampung Dalam Pameran KKI Nasional

176

Pesawaran,- {BN.Net} Aneka Produk Coklat yang di produksi Mini Pabrik Pengolahan Coklat Andan jejama yang di kelola PERSERODA PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD kabupaten pesawaran untuk kedua kalinya mewakili provinsi Lampung dalam pameran Karya Kreatifitas Indonesia (KKI) Nasional yang di selenggarakan oleh Bank Indonesia, Kamis,(4/3/2021)

KKI Nasional 2021 di buka pada 3/3/2021 sampai dengan 31/3/2021 yang di gelar di Kantor BI Provinsi Lampung – Kota bandar Lampung. Selanjutnya KKI Nasional 2021 akan di gelar di kantor – Kantor BI yang ada di Republik Indonesia.

Aneka produk yang di tampilkan Dalam Pameran KKI Nasional 2021 yang di selenggarakan oleh BI adalah aneka produk yang telah melalui seleksi yang ketat. Dan produk-produk yang di tampilkan dalam KKI Nasional 2021 adalah hasil produksi dari; UMKM, IKM, KUBE, KWT, BUMDES dan KOPERASI yang jadi produk unggulannya masing-masing. Di pameran KKI Nasional 2021 para pengunjung yang membeli aneka produk yang di tampilkan berupa; COKLAT, KOPI, MAKANAN RINGAN dan TAPIS Lampung, dll bisa membayar via Barcode QRIS yang telah di kerjasamakan dengan LINK AJA – BUMN. Jadi barcode di scan dengan HP android milik konsumen yang belanja, kemudian pembayaran di transfer ke bank-bank yang dapat di pilih dalam QRIS Link Aja.

Seluruh Produk BUMD pesawaran selanjutnya akan di beri barcode sehingga produk BUMD pesawaran dapat di beli secara digital.

Pembarcode QRIS ini sebagai upaya BUMD pesawaran dalam mengimplementasikan 5(lima) visi misi Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P dan Bapak WAKIL BUPATI H.Marzuki.

Adapun visi misinya adalah, sebagai berikut:
1.Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang efektif dan layanan publik yang berkualitas.

BACA JUGA:  Makin Mencuapnya Dugaan Fiktif Pembangunan Rambu-Rambu Jalan Di Tiyuh Wonokerto.

2.Menyediakan Sarana dan Infrastruktur secara berkelanjutan dan berkualitas yang berkeadilan dan merata.

3.Mewujudkan Sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, unggul, berkarakter dan berdaya saing.

4.Meningkatkan Pembangunan Ekonomi dan memperkuat perekonomian daerah.

5.Mewujudkan desa mandiri sebagai titik berat pembangunan berbasis kemasyarakatan dan potensi lokal yang berlandaskan pemberdayaan masyarakat, kemitraan dan gotong royong.

Kedepannya BUMD pesawaran akan mengimplementasikan Pusat Bisnis Desa Digital(PUSBI DEDI) bekerjasama dengan PT.Bumi Lampung Berjaya(BLB). Pada tahap awal PUSBI DEDI akan di aplikasikan pada 16 desa. Misalnya PUSBIS DEDI di aplikasikan dalam 10 desa sekecamatan wayratai dan 6 desa di kecamatan gedong tataan atau pada desa dalam satu kecamatan yang berdekatan.

PUSBI DEDI ada fasilitas BTS dengan kabel optik dan Kuota internetnya bisa di jual oleh BUMDES ke 1.000KK s/d 2.000KK. kemudian ada fasilitas Percetakan digital sehingga BUMDES bisa melayani warga desa dalam pencetakan; undangan, kartu nama, aneka dokumen, foto, spanduk, banner, dll. Dengan demikian BUMDES dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa(PADes) untuk pemerintahan desa.
Untuk mengimplemtasikan PUSBI DEDI di desa-desa DIRUT BUMD Pesawaran Ahmad Muslimin,SE dan DIRUT PT.BLB Havid Riamara,ST.,MM telah tanda tanggani kerjasama. (A. Gani)