BUMD Pesawaran Mengimplementasikan Program PUSBI DEDI Bekerjasama Dengan PT Bumi Lampung Berjaya.

481

Pesawaran,- (BN.Net) Di wilayah kerja GUBERNUR JABAR kang Emil pada desa-desanya sudah terpasang Program Pusat Bisnis Desa Digital (PUSBI DEDI) untuk unit usaha Badan Usaha Milik Desa(BUMDES). Kini di daerah kerja BUPATI Pangandaran kang Jeje Wiradinata juga di pasang program PUSBI DEDI.

Aplikasi PUSBI DEDI di Jawa barat pembiayaannya di dukung dan di backup oleh Bank Jawa Barat(BJB) dalam bentuk pinjaman modal kerja yang di berikan kepada BUMDES yang akan mengelola PUSBI DEDI. (Kamis,11/3/2021)

Next in provinsi Lampung at bumi pesawaran Andan jejama kabupaten pusaka dan sekitarnya di rencanakan oleh Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten Pesawaran untuk di adakan pemasangan PUSBI DEDI di desa-desa.

BUMD pesawaran dalam mengimplementasikan Program PUSBI DEDI menjalin kerjasama dengan PT.Bumi Lampung Berjaya(BLB), Dan Marketing Coopertion Agreement telah di tanda tanggani oleh DIRUT BUMD Pesawaran Ahmad Muslimin,SE bersama DIRUT PT.BLB Havid Riamara,ST.,MM di kantor pusat BUMD pesawaran. Selanjutnya BUMD Pesawaran akan kerjasama dengan Pemerintah Desa(PEMDES) dan/atau BUMDES sebagai pengelola PUSBI DEDI di desa untuk:
~>mempercepat pertumbuhan perekonomian desa dan penguatan ekonomi daerah sehingga terbit keadilan dan kemakmuran.
~>Meningkatkan produktivitas usaha BUMDES dan menghasilkan Pendapatan Asli Desa(PADes) dengan mengoptimalkan Dana Desa dan aset desa agar bermanfaat untuk masyarakat desa sebagai pelayanan publik dan dalam mempermudah akses layanan barang dan jasa.
~>Menumbuh kembangkan usaha masyarakat di desa serta membantu PEMDES dan BUMDES dalam pengembangan dan pengelolaan potensi yang ada di desa.
~>Menciptakan peluang bisnis dan meluaskan jaringan pemasaran produk-produk Yang ada di desa.
~>Membuka lapangan kerja baru.

Adapun paket usaha PUSBI DEDI yang akan di aplikasikan di desa-desa dalam kabupaten pesawaran maupun di daerah lainnya dalam provinsi Lampung adalah, sebagai berikut:
1.Internet desa:
Tiap desa yang ikut program PUSBI DEDI akan di pasang Paket BTS Internet dengan jaringan kabel optik yang dapat di nikmati warga desa dengan mengadakan pemasangan internet desa ke BUMDES dengan biaya kuota yang terjangkau. Yakni untuk; 5 mbps Rp.80rb/bulan, 10 Mbps 100rb/bulan, 20 Mbps Rp.150rb/bulan dan di atas 20 mpbs Rp.200rb/bulan.
BTS dan jaringan kabel optik yang di pasang mengakhiri desa-desa yang blank spot. Kapasitas internet desa mampu melayani 1.000KK s/d 2.000KK.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Gelar Sosialisasi SPBE untuk Peningkatan Tata Pemerintahan dan Pelayanan.

2.Digital Printing:
Tiap desa yang ikut program PUSBI DEDI akan mendapatkan perangkat sebagai berikut:
A).1 unit mesin Foto Copy warna SINDOH / XEROX WORCEN TER 7500/7800 series.
B).3 unit PC
C).1 unit UPS/Stabilizer
D).1 unit pemotong kertas
E).1 unit big stapler
F).1 unit mesin laminating
G).1 unit mesin preforasi
H).1 unit mesin jilid
I).1 paket mesin kasir
J).1 paket ATK
K).1 unit neon box
L).1 unit etalase
M).1 paket toner & drum termasuk chip

3. BUMDES mendapatkan pelatihan untuk mengoperasionalkan usaha yang akan di kelola dalam program PUSBI DEDI.

4. Ada garansi 1 tahun.

Dengan adanya PUSBI DEDI, Pemerintah desa memiliki unit usaha produktif yang di kelola BUMDES.

PUSBI DEDI yang akan di implementasikan di kabupaten pesawaran oleh BUMD Pesawaran bersama mitranya akan menghubungkannya dengan Aneka pelayanan dan Program Pemerintah, antara lain:
~PUSBI DEDI sebagai Agen perbankan dengan ada fasilitas Mesin EDC sehingga warga desa bisa membayar aneka pajak, tarik tunai, transfer dan membayar aneka transaksi.

~Program KPB Provinsi Lampung bisa di akses di PUSBI DEDI sehingga petani mudah dalam mendapat aneka kebutuhannya karna dalam membeli SAPROTAN dan SAPRODI maupun kebutuhan lainnya tidak jauh. Bahkan bisa di pesan dari rumah dan kemudian di antar oleh pemuda desa yang miliki kendaraan sehingga para pemuda dapat penghasilan dari jasa transportasi angkutan barang yang di pesan petani.

~Warga desa bisa membeli kebutuhan SEMBAKO dan lainnya di PUSBI DEDI dengan suplai barang dari BUMD pesawaran dan para mitranya. Pembelian juga bisa di pesan dari warga. (A. Gani)