Tim Terpadu BUMD Pesawaran Bersama Mitranya PT. Bumi Lampung Berjaya sosialisasi Program PUSBI DEDI.

490

Pesawaran,- (BN.Net) Dalam rangka untuk percepatan pertumbuhan perekonomian di desa dan penguatan ekonomi daerah dan menggali potensi desa serta pemberdayaan masyarakat sesuai visi misi Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P dan Bapak WABUP H.Marzuki.

Maka Bapak Direktur Utama Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten Pesawaran Ahmad Muslimin,SE menjalin kerjasama kemitraan dengan Bapak Direktur Utama PT.Bina Lampung Berjaya(BLB) Havid Riamara,SE.,M.M yang juga ketua GAPENSI Provinsi Lampung dan kerjasama juga dengan provider dalam membangun fasilitas internet desa sebagai Bisnis Center BUMDES.

Internet desa kemudian di inisiasi dengan nama Pusat Bisnis Desa Digital(PUSBI DEDI).
Dan PT.BLB di tiap desa memberikan investasi berupa:
1).Fiber Optik 12 core @2Km sebanyak 4 roll.
2).Tiang Kabel FO 7 meter sebanyak 170 batang yang di pasang oleh PT.BLB secara gotong royong dengan masyarakat desa.
3.Splitter (Kecamatan) sebanyak 1 Pcs.
4.Acessories fiber optik (Suspensi clamp, Sustring clamp, stopping breckets, stainless belt) masing-masing sebanyak 1Pcs.
5.Fiber optic drop wide 1 core @1000m sebanyak 20 roll.

Investasi tersebut nilainya ratusan juta jika di rupiahkan dan bukan menjadi beban Pemerintah desa serta BUMDES selaku pengelola PUSBI DEDI.

Biaya pemasangan Aplikasi PUSBI DEDI di desa sebesar Rp.201.600.000 sudah termasuk PPN + PPH.
Dan BUMDES akan mendapatkan fasilitas, Sebagai berikut:
1.Ubiquiti airMAX AP 2AC Prisma Rocker = 1 Pcs.
2.Belden Cat 6 STP = 1 (120M) Pcs.
3.Crimping tools = 1PCS.
4.Connector STP RJ45 Ubiquiti 1Box(100).
5.Ubiquiti Amo-2G13 airMAX = 1PCS.
6.Ubiquiti AM-5G19-120 antena Sectoral = 3pcs.
7.UBNT Rocket M5 = 3Pcs.
8.UPS Stabilizer 1200VA with AVR = 3pcs.
9.Tower BTS = 1pcs
10.Instalasi FO = 1pcs
11.Pemasangan Radio Link = 1pcs.
12.OLT GPON 8 PORT = 1 pcs.
13.Laptop(core i5 minimum 1,6, Memory 8gb, LAN, 1 terra) = 1pcs.
14.Komputer(All in one, core i3, memory 8gb, 1terra).
15.Tangga OTDR = 1pcs.
16.Kasir Online 12 bulan.

BACA JUGA:  Atik Rusmiaty Ambarsari Beri Ucapan Selamat Bertugas Untuk Kapolres.

Kemudian BUMDES selaku pengelola PUSBI DEDI akan mendapatkan usaha: “DIGITAL PRINTING” secara gratis dari PT.BLB Mitra BUMD Pesawaran, dengan paket digital printing yang di berikan ke BUMDES adalah, sebagai berikut:
A).Mesin foto copy warna = 1unit.
B).Paket ATK = 1paket.
C).Pemotong kertas = 1pcs
D).Mesin Laminating = 1pcs.
E).Mesin Jilid Spiral = 1pcs.
F).Stapler Besar = 1pcs.
G).Neon Box = 1pcs.
H).Etalase = 1unit
I).Barcode Scanner = 1pcs.
J).Printer kasir termal = 1pcs.

Selain itu juga mendapatkan; pelatihan(Administrasi, Teknik dan Desain) secara gratis.

Dan biayanya pemasangan tersebut di atas bisa di kredit dengan 5 pilihan DP yakni sebesar; 20%, 25%, 30%, 40% dan 50% dan sisanya di angsur dari setiap bulan dari laba yang di dapatkan BUMDES yang berasal dari; Biaya pemasang pelanggan baru internet desa, pembayaran kuoata internet desa yang di nikmati warga desa dengan 4 pilihan MBps(5mps = Rp.80.000/bln, 10mbps = Rp.100.000/bln, 15Mbps = Rp.150.000/bln dan 20mbps = Rp.200.000/bln), Laba usaha Digital printing, Laba usaha dari usaha yang telah berjalan sebelumnya atau dari pihak ke:3(Investor dan/atau perbankan).

Dan pada hari Jum’at,12/3/2021 TIMDU BUMD pesawaran bersama Bapak Komisaris PT.BLB Amri Rudyansyah yang juga pembuat hologram transmisi dan Berama DIRUT PT.BLB Havid Riamara laksanakan Kunjungan kerja ke Desa Ceringin asri, kecamatan wayratai yang di sambut oleh Bapak KADES Ceringin Asri Pradito dan Bapak Direktur BUMDES Tunas Jaya Mekar Pradianto yang siap pasang PUSBI DEDI.
Di dalam pertemuan ini DIRUT PT.BLB Havid mengatakan Dengan di implementasikannya PUSBI DEDI oleh Pemerintah desa dan BUMDES di desanya masing-masing akan akhiri blank spot di desanya dan meningkatkan produktivitas usaha BUMDES di desa dengan terciptanya ekosistem Bisnis Information, Communication dan Teknologi(ICT).
Sedangakan Komisaris PT.BLB Amri juga menerangkan bahwa kedepannya BUMD dan BUMDES bisa memiliki TV DIGITAL sendiri yang bisa di nikmati oleh warga desa dengan tarif bulanan terjangkau dan saat ini perizinan digital TV dalam proses penerbitan. Dan PUSBI DEDI sangat adaktif dengan perubahan serta mampu hasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun menghasilkan PAD Kabupaten pesawaran yang di serap oleh BUMD pesawaran. Pangkas (A. Gani)

BACA JUGA:  Jelang mudik lebaran, Pantau Bandara & Terminal, ini temuan Ombudsman Lampung