Rencana Bangun HORTIPARK jadi EDUAGRO WISATA COKLAT dan Centra Kedelai Lampung.

Pesawaran,- (BN.Net) Bapak Direktur Utama (DIRUT) PT.Trinitan Metals and Minerals,Tbk(PURE) Ir.Petrus Tjandra,MBA yang juga selaku Ketua I Tim pengurus Kelompok Kerja Pengembangan kedelai tahun 2020 – 2024 di bawah Kementerian Pertanian RI melaksanakan kunjungan kerja ke Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten pesawaran yang berlokasi di HORTIPARK JL.Baru Negeri Sakti, kecamatan gedong tataan, in Pesawaran Kabupaten pusaka Bumi Andan jejama, Provinsi Lampung .

Untuk menyambut dan mendampingi Bapak Petrus Tjandra. Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P yang sedang di Jakarta menunjuk DIRUT BUMD Pesawaran Ahmad Muslimin,SE bersama Manager Produksi dan Pabrik Ir.Wawan Murtian., Manager Operasional, Riset and Development Ir.Heri Budianto,MT dan Asisten Manager Produksi dan Pabrik Dita Anggraini., untuk dampingi Bapak Petrus Tjandra yang observasi di HORTIPARK. Minggu,14/3/2021

Setelah berkeliling di HORTIPARK dan meninjau mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama., gedung baru untuk pengemasan coklat, cafe and resto., kegiatan DEKRANASDA Pesawaran memproduksi Tapis AL-Qur’an Akbar. Maka di adakan diskusi di ruangan DIRUT BUMD pesawaran dengan hasil kesepakatan, Sebagai berikut:
I). Kerjasama pembangunan HORTIPARK jadi EDUAGRO WISATA COKLAT bertaraf internasional.
Setelah Bapak Petrus Tjandra tanda tanggani Surat Perjanjian Kerjasama. Maka pembagunan di mulai dari:
1. Revitaslisasi Mini Pabrik pengolahan coklat
2. Revitalisasi kebun coklat di kabupaten pesawaran.
3. Pembuatan kebun entres dan greenhouse pembibitan coklat bersertifikat di HORTIPARK.
4. BUMD pesawaran mengelola villa di jl.mata air untuk penginapan wisatawan lokal dan mancanegara.
5.Untuk peningkatan SDM dalam kelola EDUAGRO WISATA COKLAT, Bapak Petrus Tjandra akan membawa DIRUT BUMD pesawaran study banding ke Coklat tourism di Australia.

II). Untuk pembuatan tapis AL-Qur’an Akbar terbesar di dunia yang di gagas oleh Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P.
Bapak Petrus Tjandra siap kerjasama dalam pemberian insentif dan modal kerja 1001 muli Lampung pengrajin tapis yang akan memproduksi Tapis AL-Qur’an Akbar yang di komandoi oleh Ketua DEKRANASDA Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Tingkatkan Koordinasi Hingga Pedesaan, Gubernur Arinal Dirikan Posko Satgas Terpadu Covid-19.

III). Kerjasama Pengembangan HORTIPARK jadi Centra kedelai Lampung.
Setelah ada penanda tanggan kerjasama antara Pak Petrus dan Bapak BUPATI H.DENDI. Maka Antar pihak akan ada action sebagai berikut:
1. PEMDA Kabupaten Pesawaran siapkan lahan seluas 2Ha di HORTIPARK sebagai pusat pembibitan kedelai.
2. Lahan seluas 9Ha di Taman Jejama di sidototo, kecamatan gedong tataan akan jadi perkebunan percontohan nasional dalam pembudidayaan kedelai secara tumpang sari dengan jagung dan pembudiyaan kedelai secara sisipan dengan pisang canvendis dan kapulaga ataupun hortikultura lainnya dengan mengunakan pupuk organik serbuk ATS dan Pupuk Organik Cair plus multifungsi Andan jejama.
3. Mendirikan Pabrik Pupuk Organik cair, padat dan serbuk plus multifungsi serta Pengendali hama dan penyakit berupa pestisida nabati dan Fungisida Bacterium. Hasil produksi pabrik di beri daftarkan dalam E-KATALOG dan QRIS.
4. Petani padi GOGO, jagung, cabe, dan lainnya di kabupaten pesawaran yang siap kerja sama dengan BUMD Pesawaran untuk membudidayakan Kedelai akan di beri modal kerja oleh pak Petrus Tjandra. Dan pak petrus tjandra siap jadi avalis bagi para petani binaan BUMD pesawaran yang akses KUR sebagai modal usaha.
5. BUMD Pesawaran di beri modal kerja oleh pak Petrus Tjandra untuk jadi offteker dalam membeli hasil panen kedelai para petani di provinsi Lampung. BUMD pesawaran membeli kedelai sesuai harga yang di tetapkan dalam Permendag RI no:7/2020.
6. petani binaan BUMD Pesawaran di buatkan kelompok tani kedelai(KTK) yang kemudian KTK mendirikan koperasi petani. Setelah koperasi berdiri maka koperasi petani sebagai kekuatan ekonomi konstitusi nasional mendirikan coorporate berbadan hukum Perusahaan Terbatas(PT) untuk menjawab persoalan petani dari hulu s/d hilir. PT yang didirkan jadi anak perusahaan BUMD pesawaran yang bekerjasama kemitraan dengan pak Petrus Tjandra.
7. Perusaahan milik Pak Petrus Tjandra akan kerjasama dengan BUMD Pesawaran dalam pengembangan kedelai 2020-2024 dan BUMD pesawaran jadi koordinator tim pengurus kelompok pengembangan kedelai di provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Komisi III Dan Anggota DPRD Dapil 3 siap Turun Untuk Mengkroscek Pekerjaan Rekanan Dinas PUPR

IV). Kerjasama pembangunan dan pengelolaan Rice Milling Unit modern di kabupaten pesawaran.

V). Kerjasama Pembangunan dan pengelolaan Potensi Wisata di kabupaten pesawaran.

Selanjutnya Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P akan adakan pertemuan lanjutan dengan Bapak Ir.Petrus Tjandra,MBA untuk merealisasikan kesepakatan yang telah di bahas. “Pangkas (A.gani)