DPD Hipakad Lampung Adakan Sosialisasi Cegah Tangkal Paham Radikalisme Dan Terorisme.

Lampung Utara,- (BN.Net) Dalam usaha terus menumbuhkan rasa Bela Negara, rasa Cinta pada Tanah Air dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), perlu adanya pemahaman dan sikap terhadap paham Radikalisme dan Terorisme, Rabu (08/12/2021).

Dewan Pengurus Daerah Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat Propinsi Lampung (DPP Hipakad Lampung) mengadakan Sosialisasi Peran Organisasi Masyarakat terhadap Cegah Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme ke 4 (empat) wilayah di DPC Hipakad (Dewan Pengurus Cabang Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat) yanga ada wilayah Lampung.

Dalam rangkaian sosialisasi ke beberapa Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Propinsi Lampung, Kota Metro dan Kota Bandar Lampung adalah yang jadwal pertama yang dikunjungi oleh DPD Hipakad pada Rabu, 24 Nopember 2021. Dilanjutkan ke Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu ditanggal 28 Nopember 2021, Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat 27 Nopember 2021 dan rangkaian terakhir Sosiasilisasi di Kabupaten Lampung Utara dan Way Kanan.

Di DPC Hipakad Lampung Utara Sosialisasi diadakan di Gedung Alamsyah Ratu Perwira Negara Makodim 0412/LU. Gedung yang baru selesai direnovasi dan perluas, dengan sarana dan prasarana yang serba baru, dan gedung ini belum pernah digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang ada di Kodim, kali ini DPC Hipakad LU mendapat kehormatan menggunakan gedung untuk pertama kalinya.

Acara Sosialisasi dimulai Jam 14.00 Wib diikuti oleh 31 anggota, baik dari anggota DPD Hipakad Lampung dan juga dari DPC Hipakad LU. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker dan menjaga jarak para peserta khikmad mendengarkan acara sosialisasi.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini DPC Hipakad LU juga tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hindari kerumunan dan kurang aktivitas di luar rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Ketua Umum Berharap LBH-KIS Bisa Cepat Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat Dan Tenaga Kesehatan.

Acara dibuka pembawa acara dengan sambutan pertama oleh Ketua DPD yang diwakili oleh Drs. H.Rd Basukarno.M.Si, dilanjutkan sambutan dari Ketua DPC Lampung Utara Hi. Rachmat Hartono, SE.

“Dengan pesatnya perkembangan tekhnologi informasi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal, bahkan sampai menjadi tindakan aksi terorisme secara nyata,” katanya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa dalam rangka terwujudnya saling pengertian tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing.

Dengan tema Sosialisasi Peran Ormas terhadap Cegah Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme, ibu Ismaryati, S.Pd, M.Pd yang juga sebagai Wakil Bendahara DPD Hipakad Lampung menyampaikan materinya.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa untuk ikut mengantisipasi Radikalisme dan Terorisme ditengah perkembangan kondisi sosial saat ini, sehingga dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi ditengah-tengah masyarakat, terlebih disaat pandemi ini memungkinkan kesempatan-kesempatan bisa dimanfaatkan dan bisa terjadi,” kata Ismaryati.

Selain itu, kegiatan tersebut tentunya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI-AD dan Rakyat, sekaligus juga menguatkan pertahanan Negara guna mengantisipasi masuknya paham radikalisme dan terorisme, dan tentunya yang tidak kalah pentingnya tetap menjaga kebersamaan dalam Satu Jiwa, Satu Korsa Dan Satu Komando.

Mengakhiri penyampaian materi ibu Ismarayati mengajak melalui kegiatan sosialisasi tentunya untuk menyamakan persepsi pemahaman dengan pemikiran sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Acara sesi tanya jawab menambah semangat dari para peserta menanggapi materi yang diterima yang menandakan para peserta dapat mengikuti sosialisasi dari awal hingga akhir , dan semua pertanyaan dijawab oleh pamateri dan di bantu juga Sekretaris DPD Hipakad Lampung Drs, Joko Pratiknyo, MM dengan lugas dan tegas.

BACA JUGA:  Menjaga Ketahanan Pasar Modal Dan Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sebelum sesi foto bersama tidak lupa para peserta diajak untuk berdoa bersama, kiranya semua kegiatan mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT, dan apa yang menjadi tujuan kita semua, Allah akan mengabulkan semua permohonan kita.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan sesi foto bersama dan pemberian sembako secara simbolis serta dilanjutkan penyampaian beberapa materi antara lain wawasan kebangsaan. (hn)