Bank Indonesia Dan Monetary Authority Of Singapore Perluas Kerja Sama Di Area Kebanksentralan Serta Regulasi Sektor Keuangan Dan Inovasi Keuangan.

312

Jakarta,- (BN.Net) Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) menyepakati kerja sama untuk memperkuat dan mempererat hubungan kedua bank sentral dan inovasi Sistem Pembayaran termasuk Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). Kesepakatan tersebut, melalui Nota Kesepahaman [1] antara BI dan MAS yang dilakukan Gubernur oleh BI, Permen Warjiyo, dan Managing Director MAS, Ravi Menon pada 2022.

MoU tersebut mencerminkan kepentingan bersama antara Indonesia dan Singapura untuk berkolaborasi dalam berbagai proyek terkait dengan inovasi pembayaran, serta kerja sama di berbagai bidang kebanksentralan lainnya. Kerja sama di bidang kebanksentralan tersebut mencakup antara lain kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, keuangan, sistem pembayaran dan pengaturan, kerangka pengaturan dan pengawasan, serta anti perlindungan uang dan pencegahan pendanaan.

Gubernur Bank Indonesia mengatakan bahwa MoU tersebut memberikan kesempatan untuk memperluas dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral serta menjawab berbagai tantangan di bidang kebanksentralan termasuk APU-PPT. MoU ini juga memberikan upaya kolaboratif kedua bank sentral dalam memajukan ekonomi dan digital, serta memerangi tindakan pencucian uang dan dana dana pendanaan.

Managing Director MAS menyampaikan bahwa Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore telah memiliki hubungan kerja sama yang terjalin di berbagai bidang sejak lama. Nota Kesepahaman ini menunjukkan komitmen MAS untuk memperkuat kemitraan dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral di berbagai bidang yang menjadi kepentingan bersama, seperti inovasi keuangan dan konektivitas pembayaran.

Nota Kesepahaman ini menjadi fondasi dalam pelaksanaan kerja sama BI-MAS ke depan yang akan diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti kebijakan dialog, pertukaran informasi, kerja sama teknis, kolaborasi inovasi, dan pembentukan kelompok kerja teknis.

Narahubung Media:

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Dampingi Presiden Dalam Peresmian Bendungan Way Sekampung.

Kepala Departemen Komunikasi
Erwin Haryono
Direktur Eksekutif
Telp: 021-131,
Email : bicara@bi.go.id