Besok, Kampung Tematik Bung Yoss Metro Diresmikan.

179

Kota Metro,- (BN.Net) Warga Jalan Bungur Yos Sudarso Metro Pusat terus berbenah menjelang peresmian kampung tematik BungYoss pada Sabtu Sore (5/2/2021) mendatang.

Sucipto Kepala RT setempat mengatakan bahwa Bung Yoss mencoba menyajikan kampung tematik dalam rangka mendukung penataan pemukiman yang pada gilirannya diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian warganya.

“Lewat penataan kampung dan berbsgsi kreatifitas warga harapannya kampung ini akan semakin banyak dikunjungi oleh orang luar sehingga akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga,”jelasnya.

Menurutnya budaya gotong-royong yang telah ada dikampungnya sejak lama ikut mempercepat ide tentang penataan pemukiman melalui kampung tematik itu sendiri.

Dari Kuliner Jadul Hingga Mural, Muklis pemuda setempat mengatakan peresmian Kampung Bung Yoss sendiri akan menampilkan beragam kegiatan mulai dari mural yang didominasi warna ungu,walking tour,kebun bibit ,UMKM,kuliner legendaris yang telah berdagang selama puluhan tahun, kerajinan warga,permainan tradisional dan penampilan seni.

“Kami mencoba menyajikan keramah-tamahan,kearifan lokal,budaya serta aktifitas warga yang sudah ada sejak lama yang dipadukan dengan kreatifitas generasi muda,”ungkapnya.

Selain itu Muklis juga menjelaskan bahwa Bung Yoss juga telah menyediakan pojok baca sebagai upaya mendukung kota literasi yang telah dicanangkan beberapa waktu sebelumnya.

Dihadiri Walikota, Sementara itu Camat Metro Pusat Yahya mengatakan bahwa peresmian Bung Yoss sendiri rencananya akan dihadiri oleh Walikota Metro,Wahdi Siradjuddin.

“Kami berharap lewat kehadiran Walikota Metro keberadaan Bung Yoss juga akan semakin dikenal dan memotivasi wilayah-wilayah lain yang ada di Metro Pusat khususnya serta Metro pada umumnya untuk terus melahirkan hal-hal baru yang inovatif dan partisipatif,”jelasnya.

Yahya juga mengapresiasi keterlibatan berbagai OPD dan komunitas yang telah ikut membantu pengembangan Kampung Tematik di Bung Yoss ini sendiri.

BACA JUGA:  Polres Way Kanan Gelar Latpraops Bina Kusuma Krakatau 2021.

Didukung Berbagai Komunitas Pegiat media sosial Kota Metro Ghufron mengatakan bahwa penataan Kampung Bung Yoss juga ikut didukung berbagai komunitas yang ada di Metro.

“Ada komunitas seni,mural ,pegiat media sosial,desain grafis dan berbagai komunitas lainnya yang juga turut mendukung kehadiran kampung tematik ini,”jelasnya.

Menurutnya kehadiran komunitas-komunitas ini akan membantu pengembangan serta promosi kehadiran Bung Yoss secara lebih luas lagi.

Ghufron juga berharap Bung Yoss akan memiliki perbedaan dengan gelaran-gelaran lainnya yang ada di berbagai tempat di Metro.

“Silahkan singgah di Bung Yoss Sabtu sore nanti,”tambahnya.

Partisipasi dan Kota Berkelanjutan Kepala Dinas Pertamanan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Syachri Ramadhan menyambut baik kehadiran Bung Yoss di Metro pusat sebagai upaya penataan kawasan pemukiman yang nyaman, layak huni serta harapannya mampu melahirkan hal-hal produktif lainnya.

Menurutnya inisiatif dan partisipasi yang lahir hendaknya juga disambut dan didukung sebagai wujud pembangunan kota yang partisipatif.

“Pemerintah lewat berbagai OPD tentu akan ikut mendukung gerakan yang tumbuh dari bawah sebagai upaya mendorong lahirnya kota yang berkelanjutan,”pungkasnya. (*)