Direktorat Binmas Polda Lampung Sambangi Peternak Lampung Tengah

105

Lampung,- (BN.Net) Direktur Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, sambangi salah satu peternak Sapi, bapak Nanang (PT. Indo Prima Beef) dan Mat Aji di Dusun Adirejo Kampung Adijaya Kec. Terbanggi besar Kab. Lampung tengah (8/7/2022).

Dalam Operasi Aman Nusa II di Wilayah Hukum Polda Lampung Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol. Anang triarsono turun langsung ke lapangan, untuk memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait dengan kasus PMK di wilayah hukum Polda Lampung.

Operasi ini merupakan dukungan Polri terhadap kebijakan pemerintah dan sebagai tindak lanjut dibentuknya Satgas Penanganan PMK di di wilayah Polda Lampung Untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah kabupaten Lampung Tengah.

Operasi Aman Nusa II yang digelar, selain memberikan penyuluhan pada warga terkait berbagai aspek dan upaya pencegahan yang mesti dilakukan warga dan para peternak.

Meskipun Kabupaten Lampung Tengah termasuk kategori daerah rentan terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) karena merupakan wilayah perlintasan serta menjadi daerah pemasaran hewan ternak disamping sistem pemeliharaan hewan ternak setempat yang masih dilakukan secara tradisional, namun hingga saat ini Lampung Tengah nihil kasus PMK.

Hal ini menurut Dir Binmas Polda Lampung, Kombes Pol Anang Triarsono, tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian setempat.

Diantaranya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, Dinas Kominfo, Kecamatan dan Pekon/Kelurahan dalam rangka melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dan bantuan pelaporan jika ditemukan kasus PMK.

Serta dengan instansi lainnya, seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP dalam upaya pengawasan lalulintas ternak, disamping dengan Bappeda dan Keuangan dalam hal penambahan anggaran dalam pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan PMK di Kabupaten Lampung Tengah, kata Anang. (8/7)

BACA JUGA:  Seolah-olah Marwah BNPB Lampung Diuji Oleh PPK dan Pelaksana Proyek Bronjong.

Selain itu, kata Anang, pihak Pemda Kabupaten Lampung Tengah telah bekerjasama dengan Sat Binmas Polres Pringsewu dengan melakukan penulusuran terhadap hewan ternak yang ada di masyarakat.

“Hal ini tentu saja sejalan dengan apa yang Polda Lampung canangkan mengenai upaya penanggulangan PMK, dan Binmas selaku pengemban tugas Kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dari berbagai kalangan, selalu berusaha memberikan informasi terkait perkembangan PMK, “ungkap Anang.

Kemudian personil kita khususnya dari satbinmas, juga  mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya peternak Sapi dan Kambing sehingga para peternak dapat memahami serta ikut berperan aktif dalam penanggulangan PMK,tutup Anang. (dn/penmas)