Bunda Literasi Provinsi Lampung Ajak Sinergi Semua Pihak Tingkatkan Budaya Literasi

78

Bandar Lampung,- (BN.Net) Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meluncurkan buku “Menulis Cerpen Bersama Bunda Literasi Provinsi Lampung” yang merupakan kumpulan cerpen dari 75 orang penulis Lampung.

Peluncuran buku tersebut dilaksanakan pada kegiatan Festival dan Jambore Literasi Provinsi Lampung Tahun 2022 di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (20/07/2022).

Menurut Riana Sari Arinal Peluncuran Buku tersebut sebagai upaya dalam pengembangan Perpustakaan dan Literasi pada masyarakat. Selain itu juga bagian dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan generasi yang inovatif dan Kreatif untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Riana Sari Arinal mengungkapkan bahwa hasil Pengukuran Skor Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Provinsi Lampung Tahun 2020 sebesar 11,98 atau berada pada urutan ke-20.

“ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan untuk kita bersama-sama bersinergi meningkatkan dan membudayakan literasi di tengah masyarakat, semoga dengan kegiatan hari ini dapat meningkatkan pengembangan Perpustakaan dan Literasi pada masyarakat Lampung,” ucapnya Riana.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi, mengatakan bahwa kegiatan Festival dan Jambore Literasi Tahun 2022 akan digelar selama 2 (dua) hari yang dimulai hari ini, tanggal 20 Juli 2022 sampai dengan besok, tanggal 21 Juli 2022 bertempat di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

“Kegiatan Festival dan Jambore literasi ini baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Lampung, sebagai salah satu peran dan upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung dalam pengembangan Perpustakaan dan meningkatkan Literasi masyarakat Lampung,” ucap Ratna Dewi.

Kegiatan juga diisi dengan pemberian bantuan dan penghargaan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada 19 Pepustakaan Desa di 13 Kabupaten berupa Oven Gas , 15 Komunitas Baca di 15 Kab/Kota berupa buku bacaan masing masing 50 Eksemplar, dan Pemberian Penghargaan dari Bunda Literasi Provinsi Lampung kepada Peserta Inklusi Sosial.

BACA JUGA:  Mantap, Bagi Sembako Untuk Sesama Pewarta Saat HUT IWO Ke-9.

Selain itu juga dilaksanakan talkshow yang menghadirkan narasumber Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs Deni Kurniadi,M.Si, Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Rektor UMITRA Lampung DR. Ir. Hj. Armalia Reni Madrie, AS. MM, Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Muhammad Abdul Khak, dan Penulis Erisca Febriani. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).