Gubernur Arinal Djunaidi dukung Komitmen Untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Dalam Bingkai NKRI

72

Bandar Lampung,- (BN.Net) Gubernur Lampung membuka secara resmi kegiatan Malam Nusantara Provinsi Lampung di Graha Wangsa, Bandar Lampung, Senin (08/082022).

Malam Nusantara merupakan rangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77 tahun 2022.

Pada kegiatan yang bertajuk “Semangat Kesatuan Memajukan UMKM Lampung,” tersebut, semua tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan kemudian dibuka dengan tarian kreasi dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia.

Gubernur Arinal Djunaidi menyatakan bahwa Provinsi Lampung merupakan penggambaran Indonesia mini dengan kepelbagaian suku, adat budaya, agama dan golongan, namun dapat hidup berdampingan harmonis.

“Hanya dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa-lah, kita semua dapat hidup berdampingan dengan harmonis dan saling bahu membahu menciptakan kondisi yang kondusif,” ucap Gubernur

“Sejujurnya, ada rasa haru dan bangga, terutama ketika Saya melihat seluruh tamu/undangan yang hadir saat ini mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di seluruh tanah air Indonesia tercinta,” lanjutnya.

Gubernur juga mengatakan bahwa dengan Kepelbagaian dan kemajemukan ragam suku dan budaya yang dimiliki Provinsi Lampung dengan berbagai perbedaan yang menyertainya, dimana pada satu sisi hendaknya dapat dilihat sebagai rahmat yang harus disyukuri, dan pada sisi lainnya, harus mampu dikelola dengan arif, sehingga tidak berkembang menjadi konflik dan benturan yang hanya akan merugikan.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam, Kajati Lampung dan seluruh Komponen Forkopimda Provinsi Lampung serta Bupati dan Walikota, atas komitmen kita semua untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI yang sama-sama kita cintai,” tutur Gubernur.

BACA JUGA:  Presiden Serahkan SK Kehutanan, Gubernur Lampung Minta Tetap Jaga Keseimbangan Kawasan.

Melalui kesempatan ini, Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Provinsi Lampung dan segenap Panitia atas inisiatif dan komitmennya untuk menyelenggarakan Malam Nusantara ini.

“Hal ini menunjukkan adanya semangat untuk membangkitkan dan meningkatkan kembali aktivitas/event seni dan budaya sebagai bagian dari kebangkitan kembali ekonomi Lampung,” ucap Gubernur.

Gubernur juga berharap bahwa pelaksanaan kegiatan (events) yang telah mulai dilakukan saat ini dengan memperhatikan protokol kesehatan, dapat membantu untuk memantik kembali api kreativitas di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Sementara itu Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, dimana pada tahun 2022 tema yang diusung adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang didasarkan pada kejadian yang melanda Indonesia dan dunia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ketika terjadi pandemi Covid-19.

Riana Sari Arinal mengatakan, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RIke-77, Saat ini Dekranasda Provinsi Lampung mengadakan acara yaitu “Malam Nusantara” Provinsi Lampung dengan tema “Semangat Kesatuan Memajukan UMKM Lampung” dalam wujud memperkenalkan keanekaragaman suku/adat yang ada di Provinsi Lampung.

Malam Nusantara merupakan acara yang diselenggarakan untuk menyambut dan memeriahkan HUT RI Ke-77 dengan berbagai rangkaian acara seperti acara hiburan, kesenian cetik lampung, paduan suara dan lomba pakaian adat.

Malam Nusantara bertujuan untuk menggambarkan keanekaragaman suku/adat yang ada di Provinsi Lampung yang hidup selaras dan harmonis dan menggelorakan rasa kebangsaan melalui tampilan berbagai pakaian adat Nusantara dan kesenian daerah.

Dekranasda Provinsi Lampung menurut Riana Sari Arinal berkomitmen untuk membantu dan membina UMKM Provinsi Lampung untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas yang mempunyai nilai budaya daerah menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi tinggi sesuai dengan potensi, keunggulan dan keunikan masing-masing daerah.

BACA JUGA:  Mengucap Sumpah / Janji Peresmian Pengangkatan Penggati Antara Waktu PAW Anggota DPRD Tulang Bawang Barat.

Selain membantu UMKM agar memiliki produk yang berkualitas, Dekranasda Provinsi Lampung juga memberikan ruang promosi kepada UMKM, salah satunya dengan mengikuti pameran kriya nusa.

“tahun 2022 ini Dekranasda Provinsi Lampung akan menjadi Ikon Kriya Nusa yang akan diselenggarakan oleh Dekranas Pusat pada tanggal 21–25 September 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC),” ucap Riana Sari Arinal.

“Mari kita support dan beli produk lokal Lampung, dukung UMKM Lampung agar mampu bersaing dengan produk luar daerah dan menjadi produk kebanggaan masyarakat Lampung,” ajak Ketua Dekranasda Lampung.

Kegiatan Malam Nusantara juga dimeriahkan dengan penampilan Gamolan Pakhing dari ibu-ibu Eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, penampilan Paduan Suara dari Sai Choir dan hiburan dari Artis Ibu Kota Nania Idol dan Andika Kangen Band. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).