KIR Kendaraan Tetap Bisa Diproses Meskipun STNK Dalam Keadaan Mati

151

Bandar Lampung,- (BN.Net) Dinas perhubungan Kota Bandar Lampung tetap proses kumpulan rangkaian kegiatan uji kendaraan bermotor (KIR) meskipun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) masih dalam proses perpanjangan, Rabu (25/01/2023).

Hal tersebut diungkapkan Andy Irawan Koenang, S.H., M.H. selaku Kepala UPT KIR Kota Bandar Lampung saat dijumpai di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa jika kendaraan akan melakukan KIR jika STNK kendaraan tersebut dalam keadaan pajak hidup maka secepatnya diproses dan bisa langsung mendapatkan hasil KIR kendaraan, namun jika STNK-nya dalam keadaan mati Pajak pihaknya tetap memproses KIR akan tetapi KIR kendaraannya tidak akan diberikan selama belum memperpanjang STNK.

“STNK pajaknya mati tetap kami proses uji kendaraannya, kewajiban kita menguji kendaraan tapi dari hasil uji kendaraan itukan baru keluar KIR tidak langsung kami berikan, menunggu STNK-nya hidupkan dulu,” jelas Andy Irawan Koenang.

Lebih lanjut pihaknya tidak mempermasalahkan jika ada mobil awalnya KIR mobil bak kemudian diubah menjadi bok secara tenis KIR mobil tersebut lulus tetapi administrasinya belum lulus dan harus memperbaiki STNK terlebih dahulu.

“Karena dalam KIR ini ada dua jenis uji kendaraan, yaitu secara teknis dan secara administrasi,” tambahnya. (Syah)

BACA JUGA:  Sungai Way Sekampung Tercemar, Nelayan dan Aktivis Minta Pemerintah Hentikan Pabrik Pembuang Limbah ke Sungai.