Dihantam Ombak Saat Mencari Ikan, Nelayan Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

Lampung,- (BN.Net) Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap Hafiz Usman (18), warga Pemangku Labuhan Pekon Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan Kab. Pesisir Barat pada Minggu (09/07/2023).

Kejadian berawal pada hari Sabtu (08/07) sekitar Pukul 06.00 WIB saat asyik mencari ikan dari atas perahu, tiba-tiba ombak besar menghantam perahu tersebut yang mengakibatkan perahu beserta korban tergulung dan tenggelam. Melihat kejadian tersebut warga nelayan setempat langsung melakukan upaya pencarian, namun sampai dengan saat ini korban masih belum ditemukan. Korban bernama Hafiz Usman (18) warga Pemangku Labuhan Pekon Way Jambu Kec. Pesisir Selatan Kab. Pesisir Barat.

Basarnas Lampung menerima informasi tersebut dari Evan Rosiawan (Peratin Way Jambu) pada Minggu (08/07) pukul 10.20 WIB. Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus menuju lokasi untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Tim tiba di lokasi kejadian pada Sabtu (08/07) pukul 13.50 WIB dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR gabungan yang terdiri dari TNI AL Pesisir Barat, Polairud Polres Pesisir Barat dan nelayan setempat. Upaya pencarian dilakukan hingga pukul 17.30 WIB namun belum membuahkan hasil dan dilanjutkan pada Minggu (09/07).

Pada hari ini pencarian memasuki hari ke 2, tim gabungan dibagi menjadi 3 SRU (SAR Rescue Unit). SRU 1 melaksanakan pencarian ke arah Utara radius 12 Nm dari lokasi kejadian. SRU II melaksanakan pencarian ke arah selatan radius 9 Nm. Kemudian SRU III melaksanakan pencarian secara visual di pinggir pantai radius 5 km.

Peralatan AquaEye milik Basarnas juga digunakan untuk mendeteksi keberadaan korban di bawah air. Namun belum terdapat tanda clusser berupa simbol x.

BACA JUGA:  Putriana dan Keluarga Tak Ragu Berobat Dengan JKN-KIS.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah yang diwakili oleh Koordinator Pos SAR Tanggamus Roby Rusliansyah menyatakan bahwa pencarian tim SAR Gabungan dilakukan hingga pukul 17.35 WIB. “Ijin melaporkan pimpinan, untuk hasil pencarian pada hari ke 2 masih nihil. Besok pencarian akan dilanjutkan kembali dengan memperluas area pencarian.”, Ujar Roby. (***)