BAK Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pengolahan Data Akademik

Bandarlampung,- (BN.Net) Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Universitas Lampung (Unila) menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pengolahan Data Akademik Universitas Lampung Tahun 2023, di ruang sidang lantai empat Rektorat, Senin, 4 Desember 2023.

Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan data yang dikelola Unila melalui laman simba.unila.ac.id dan siars.unila.ac.id, untuk mempermudah pelayanan data yang akurat, mutakhir, dan terpadu.

Subkoordinator Registrasi dan Statistik Unila Ainul Hudzni, S.I.Kom., M.I.P., yang juga menjadi salah satu narasumber mengatakan, sosialisasi ini diikuti 130 peserta terdiri dari para subkoordinator bidang akademik, serta operator data tingkat fakultas dan jurusan. Kegiatan juga diisi pemateri lain dari tim pengelola simba.unila.ac.id dan siars.unila.ac.id., Bayu Wicaksono.

Kepala BAK Unila Hero Satrian Arif, S.E., M.H., saat membuka acara menyampaikan, data merupakan salah satu hal yang sangat penting karena berkaitan dengan peningkatan indikator kinerja utama (IKU) Unila.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi sistem pengelolaan data statistik di bagian akademik di lingkungan Unila sebagai pendukung administratif yang dilakukan fakultas maupun universitas dalam rangka akreditasi institusi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberi solusi pada masalah pengolahan data di lingkungan Unila. Ke depannya kegiatan seperti ini akan dilaksanakan per semester, sehingga di akhir tahun data yang dihasilkan fakultas dan jurusan adalah data final,” ujarnya.

Unila, lanjut Hero, saat ini memiliki berbagai sistem pengelolaan data berbasis teknologi informasi yang dipergunakan untuk memberikan layanan data, di antaranya simba.unila.ac.id (sistem informasi manajemen bagian akademik) dan siars.unila.ac.id (sistem informasi registrasi dan statistik).

Di dalam laman siars.unila.ac.id memuat lima sistem yang bisa diakses mahasiswa Unila yang berfokus pada layanan cuti, heregistrasi, alih program, studi lanjut, dan undur diri.

BACA JUGA:  Mardiana Gelar Sosper Pedoman Rembug Desa di Lampura.

Untuk mewujudkan layanan prima pada sistem-sistem tersebut, beberapa upaya dilakukan Unila yakni melalui laporan dwi bulanan yang disampaikan langsung kepada pimpinan fakultas maupun universitas. Laporan berisi informasi mahasiswa aktif, masa studi, publikasi statistik mahasiswa, dan digitalisasi dokumen pelayanan.

Salah satu output dari pengelolaan data di Unila akan dirangkum dalam dua buku yakni Publikasi Statistik Mahasiswa dan Direktori Mahasiswa Baru.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta mendapatkan lima materi yakni Registrasi Mahasiswa Baru, Data dan Statistik Mahasiswa Baru, Pengelolaan SIARS, Pendukung Akademik Mahasiswa Baru dan Integrasi Sistem. (***)