Kondisi Ekonomi Pas-pasan Tak Halangi Sunarti Miliki Jaminan Kesehatan.

84

Lampung Utara,- Beritanatural.net.

Sejak Program JKN-KIS hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia, faktor ekonomi bukanlah menjadi alasan seseorang tidak memiliki jaminan kesehatan dengan adanya Peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) baik yang iurannya dijamin oleh pemerintah pusat atau daerah.

Sunarti (46) warga desa Talangsari adalah satu dari sekian juta peserta JKN-KIS segmen PBI APBN yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat. Semenjak mengantongi KIS ia mengaku tak pernah lagi khawatir memikirkan biaya pengobatan diri dan keluarga semisal jatuh sakit. Kepada Tim ia menceritakan pengalamannya selama menjadi Peserta JKN-KIS.

“Saya sangat bersyukur hingga saat ini saya masih sehat sehingga belum pernah menggunakan KIS untuk berobat. Tapi walaupun dalam keadaan sehat memiliki KIS ini penting sekali. Kita kan tidak tahu kedepannya seperti apa, jangan sampai saat kita jatuh sakit eh belum punya KIS,” ujar Sunarti.

Sunarti yang kesehariannya adalah ibu rumah tangga ini mengatakan bahwa sesungguhnya dirinya ingin menjadi peserta JKN segmen mandiri namun hingga saat ini kondisi perekonomian keluarganya belum memungkinkan dirinya untuk pindah segmen kepesertaan.

“Saya beruntung sekali kepesertaan saya dan keluarga ditanggung oleh pemerintah pusat, ini bukti negara sangat memperhatikan rakyat kecil. Saya selalu berharap mudah-mudahan suatu saat kondisi ekonomi keluarga saya membaik sehingga saya bisa menjadi peserta mandiri dan bisa ikut bergotong royong membayar iuran untuk membiayai peserta JKN lain yang sedang sakit,” tambahnya.

Melalui Tim Jamkesnews ia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah menjamin kesehatan dirinya sekeluarga.

“Jika tidak ada KIS pasti sehari-harinya saya hidup diliputi kekhawatiran memikirkan kalau sampai ada keluarga saya yang jatuh sakit dari mana saya harus mencari biaya pengobatannya. Setelah mengantongi KIS beban di pundak saya sangat berkurang. Entah bagaimana nasib saya jika tidak ada Program JKN-KIS. Terima kasih BPJS Kesehatan,” kata Sunarti.

BACA JUGA:  Bupati Lantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Lampura.

Sunarti berharap seluruh warga kurang mampu telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS agar semuanya mendapatkan hak yang sama yaitu mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal seperti dirinya dan keluarga. (Red)