Reusable Bag Harga Rp 5.000 Jadi Keluhan Konsumen Dan Driver Ojol.

Bandar Lampung,- (BN.Net) Salah satu resto penyedia makanan siap saji yang ada di Kota Bandar Lampung, McD yang beralamat di jalan ZA Pagar Alam Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung jadi keluhan konsumen dan Driver Ojek Online (Ojol), Rabu (15/12/2021)

Hal tersebut disebabkan pada packing akhir untuk pemesanan makanan tidak di fasilitasi kantong belanja, pihak Management McD memberlakukan kantong belanja pakai ulang (reusable bag) dan untuk mendapatkan reusable bag tersebut, konsumen yang order bawa pulang ataupun driver ojol dikenakan biaya tambahan dari pemesanan.

PN menjelaskan bahwa biaya itu bagi sebagian konsumen dan driver sangat memberatkan, Menurutnya jika tidak membeli reusable bag sudah dipastikan akan terkendala saat membawa makanan terutama bagi konsumen yang menggunakan sepeda motor.

“Iya mas, gimana saya mau bawa makanan yang saya beli buat dibawa pulang kalau gak dikasih kantong. Ada reusable bagnya tapi harus beli dengan harga Rp 5.000,” ujar PN saat bercerita sambil mengeluh pada awak media.

Masih menurutnya, “Harusnya kan itu masuk dalam fasilitas pelayanan McD, karena saya beli di resto lain tidak seperti ini (free). Tapi kalau saya gak beli, terus gimana bawa makanannya, sedangkan saya bawa motor, masa mau taruh dibagasi jok motor,” tambahnya.

Senada juga disampikan oleh driver ojol yang namanya enggan untuk di publikasikan, “Dapet orderan di McD itu enak gak enak, enaknya kita dapet orderan. Gak enaknya kita harus beli reusable bag jika pesanannya banyak, kalau gak beli apa mau kantongnya? kan repot,” keluhnya.

Masih menurut driver ojol tersebut, “Kalau dapat konsumen yang ngerti sih enak, mau mengganti biaya reusable bagnya. Tapi kalau pas konsumennya gak ngerti, mau kita minta kembali reusable bagnya takut ia komen minus di akun. Gak di minta, tapi ongkos jasa kirimnya cuma Rp 8.000, dipotong beli reusable bag itu Rp 5.000, Sisa Rp 3.000 lagi dong,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Ikuti Acara Implementasi Instruksi Presiden Jokowi Percepatan Jamsostek.

Ditempat terpisah, saat awak media meng-crosscheck atas keluhan konsumen dan driver ojol serta ditambah dengan bukti dilapangan. Ketika di konfirmasikan ke pihak management, pihak McD yang diwakilkan oleh Aldhila Mega selaku Assistant Manager menyampaikan.

“Kami sudah memberitahukan soal reusable bag ini kepada konsumen dan juga driver ojol sejak lama. Dan ini sudah kebijakan dari pusat,” ujarnya.

“Karena kami sudah tidak menyediakan kantong pelastik lagi, jadi konsumen atau driver harus bawa sendiri, dan kami menyediakan reusable bag, tapi kami tidak memaksa untuk mereka membeli,” kata Mega.

Konsumen maupun Driver Ojol berharap pihak Management makanan siap saji dan Management Ojol dapat duduk bersama membahas persoalan yang dirasa memberatkan para konsumen dan driver. (Rls)