M. Zulham Pane : Sebagai Bagian Dari Lima Pilar Keselamatan Lalu Lintas.

Bandar Lampung,- (BN.Net) Dalam rangka menjalin sinergitas informasi untuk Jasa Raharja yang tumbuh berkelanjutan Persero Terbatas (PT) Jasa Raharja gelar acara media gathering bersama awak media Lampung, di Kantor Cabang Jl.W. Monginsidi No.220A, Telukbetung, Kota Bandar Lampung, Kamis (16/12/2021).

Muhamad Zulham Pane selaku Kepala Cabang Jasa Raharja Lampung menjelaskan bahwa sebagai pelaksana jaminan perlindungan kecelakaan angkutan penumpang umum dan pelaksana jaminan perlindungan lalu lintas jalan, selama bulan November 2020, PT Jasa Raharja telah menyerahkan dana santunan kepada ahliwaris dan korban kecelakaan lalu lintas sampai bulan November 2021.

Tercatat dana untuk korban Meninggal Dunia (MD) sampai dengan November 2020, Rp. 32.028.000.000, Luka-luka Rp. 19.234.110.300, total Rp. 51.262.110.300. dan pada November 2020 sampai dengan November 2021, Meninggal Dunia Rp. 30.786.000.000, Luka-luka Rp. 17.554.942.218, total Rp. 48.340.942.218.

Dari data yang diperoleh di Tahun 2021, Meninggal Dunia berkurang -3,88%, Luka-luka -8,73%, Meninggal dan Luka -5,70%.

“Dengan rata-rata kecepatan 1 hari 10 jam ahliwaris korban kecelakaan yang meninggal dunia telah menerima santunan dari Jasa Raharja, pencapaian ini lebih tinggi dari tahun lalu dimana rata-rata penyerahan selama 1 hari 12 jam. Sedangkan untuk penggantian biaya perawatan korban kepada 61 (enam puluh Satu) rumah sakit se-Provinsi Lampung yang sudah bekerjasama, sebesar 92,22% dari total korban kecelakaan yang mengalami luka-luka,” kata Zulham.

Lanjut Zulham menjelaskan sebagai bagian dari 5 (lima) pilar keselamatan Lalu Lintas dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, Jasa Raharja diberikan amanah untuk turut serta dalam program pencegahan kecelakaan lalu lintas dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemrintah dalam menanggulangi wabah Covid-19 maka karenanya Jasa Raharja juga memberikan support kepada Instansi terkait dalam pelaksanaanya yang mana antara lain:

BACA JUGA:  Program 100 Hari Kerja, Walikota dan Wakil Walikota Metro Telah Dilaksanakan.

Memberikan kontribusi pada operasi Zebra 2021 dengan melaksanakan pembagian Helm Gratis terhadap masyarakat pengguna jalan bersama dengan Satlantas Polresta Bandar Lampung dan Polres Pesawaran.

Pelaksanaan program tali asih bersama dengan Subdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung yakni berupa pemberian sembako kepada para korban kecelakaan yang mengalami luka-luka dan cacat tetap.

Pemasangan papan peringatan di jalur kereta api dan di dermaga transportasi perairan sebanyak empat buah di empat titik yakni :

1. Perlintasan tanpa palang pintu kereta di Desa Gedung Gumanti Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran.
2. Perlintasan tanpa palang pintu di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Seputih Agung.
3. Dermaga Waduk Batu Tegi, Kabupaten Tanggamus.
4. Dermaga Pulau Sebesi Kabupaten Lampung Selatan.

Lifejacket dan Lifebuoy bagi para pemoda transportasi air untuk keselamatan penumpang penyeberangan di waduk Batu Tegi.

Trafic Cone, Barikade, Jas Hujan, Helm kepada Ditlantas Polda Lampung untuk mendukung keselamatan transportasi darat.

Pemasangan spanduk himbauan keselamatan berlalu lintas di titik rawan kecelakaan sepanjang jalur arteri dan spanduk himbauan pencegahan penularan virus covid-19 menjelang PAM Nataru 2021-2022.

Melaksanakan program pengobatan gratis dan sekaligus Rapid Antigen gratis bagi masyarakat di lokasi lokasi keramaian seperti Samsat, Terminal, Bumdes dan lainnya dengan menggunakan mobil unit keselamatan lalu-lintas (MUKL).

“Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jasa Raharja Lampung memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan di sepanjang tahun 2021, Jasa Raharja Lampung juga telah menyalurkan berbagai Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) diantaranya, Pelaksanaan Posko Vaksinasi Gratis kepada masyarakat di sekitar kantor PT Jasa Raharja Cabang Lampung. Pemberian bantuan fasilitas ruang baca digital di Samsat Induk Bandar Lampung,” tambahnya.

BACA JUGA:  KPPU Jatuhkan Denda 2,5 Milyar Kepada PT ABURAHMI atas Pelanggaran UU Nomor 20 Tahun 2008 

“Demikian rangkaian giat dan kinerja Jasa Raharja Lampung sampai dengan pertengahan Desember Tahun 2021 ini, tujuannya selaras dengan program Pemerintah yakni untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Indonesia wujud dari Negara hadir bagi Rakyatnya, kami “BANGGA MELAYANI NEGERI”, Jelasnya. (#Syah)