Daconi Khotob, Putra Lampung Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen Dari Universitas Brawijaya

Malang,- (BN.Net) Satu Lagi putra asal Lampung meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (PDIM FEAB UB)Daconi Khotob yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) pada sidang terbuka, Rabu (21-02-2024) lalu di Aula Gedung Utama Lantai 3 FEB UB, Malang – Jawa Timur.

Daconi Khotob berhasil mempertahankan Desertasi dengan judul ” Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasional Serta Moderasi Penetapan Tujuan. Yang mana dalam penelitian dan studinya dilakukan pada PT Semen Baturaja Tbk di Provinsi Sumatera Selatan.

Keberhasilan pria kelahiran 14 Juni 1971 ini meraih gelar Doktor setelah dinyatakan LULUS pada sidang terbuka yang dipimpin yakni; Dekan FEB UB Abdul Ghofar, SE, MSi, M.Acc, DBA, Ak dengan Promotor Prof.Achmad Sudiro, Ko-Promotor Prof. Margono dan Dr Mugiono dihadapan Tim Penguji tediri dari Prof. Astrid Puspaningrum, Prof. Fatchur Rohman, Ainur Rofiq, SE, PhD ditambah dua penguji luar Prof. Stefanus Yufra dan Dr Nurani Kartikasari.

Daconi yang keseharian nya selalu disapa dengan panggilan akrab nya ‘Abang Oni’ menerangkan hasil penelitian nya bahwa komitmen organisasi mampu memediasi secara penuh pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap prilaku pro-lingkungan, penetapan tujuan memoderasi pengaruh kepemimpinan.

“Dari hasil lain membuktikan motivasi kerja karyawan tidak memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap prilaku pro-lingkungan,” ujarnya.

Ayah dari satu putra dan satu putri ini pun memaparkan bahwa penelitian yang dilakukan di PT Semen Baturaja Tbk dengan jumlah total 893 orang karyawan sebagai obyek, yang mana mereka bekerja diberbagai unit kerja pada BUMN semen yang berpusat di Palembang, sedangkan pabriknya ada di Baturaja – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan.

BACA JUGA:  Kadis Sosial Serahkan Bantuan ke UPTD PSLU Tresna Werdha

Dari data Primer penelitian ini adalah kuisioner terhadap 276 responden selanjutnya dilakukan analisis dengan metode Partial Least SuareStruktural Equation Modelling (PLS-SEM) versi SmartPLS4.

“Dari penelitian ini keterbaruan atau Novelty yaitu adanya keterkaitan variabel kepemimpinan transformasional terhadap prilaku pro-lingkungan yang dimoderasi oleh penetapan tujuan. Penelitian belum menemukan hasil penelitian terdahulu pada kumpulan jurnal Scopus tentang penetapan tujuan sebagai variabel memoderasi kepemimpinan transformasional terhadap prilaku pro-lingkungan, diperkuat dari pencarian jurnal-jurnal terkait dengan menggunakan software VO Sviewer,” tambah lelaki yang penghoby Sepakbola ini – pernah menjadi manajer Tim Nasional Sepakbola Indonesia U – 19.

Alumni SMN 3 Tanjung Karang ini serta lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) jurusan Teknik Kimia, kemudian mendapat Gelar Magister Manajemen dari Universitas Andalas pada tahun 2009 ini mempunyai karier yang moncer, diantaranya; sebagai Direktur Produksi & Pengembangan PT Semen Baturaja, Direktur Utama PT Semen Baturaja, sedangkan Dirut PT Pusri kini dinakhodainya.

“Keberhasilan ini tentunya dengan kerja keras dan dukungan dari keluarga, khsusnya istri dan anak-anak tercinta,” tutur pria yang selalu menyempatkan diri menyalurkan hoby nya yaitu menyanyi.

Daconi Khotob yang bergelar ‘Oelangan Paksi’ (gelar untuk suku Lampung) diakhir paparannya mengatakan dirinya meraih gelar Doktor bukan gampang, dia pun bertutur, kepada semua handai taulan dan sanak keluarga tentunya dapat terus tekun dalam pekerjaan dan santun dalam pergaulan serta berusaha berjiwa dermawan.

“Insyaa Allah gelar Doktor yang saya raih sekarang ini menjadi pemicu bagi anak-anak dan keluarga untuk mencapai impian dalam berkarier. Namun jangan lupa kita harus menomorsatukan ibadah dan rajin bersedekah serta keberhasilan kita bermanfaat bagi orang lain,” pungkas DR Daconi Khotob. Selamat Buat Abang Oni.(One/dbs)

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Acara Puncak Gernas BBI