Kelurahan Jagabaya III Gelar Acara Launching Kampung Tangguh Nusantara.

79

Bandar Lampung,- {BN.Net} Cegah penyebaran covid-19 Kelurahan Jagabaya III yang mewakili kecamatan Way Halim kota Bandar Lampung menggelar acara launching Kampung Tangguh Nusantara, Sabtu(28/02/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, camat Way Halim Yusnadi Ferianto, SE.MM, Kapolsek sukarame Kompol Warsito, Danramil Mayor Inf Sutoto 410_04/TKT, Lurah se-kecamatan Way Halim, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas se-kecamatan Way Halim.

Kampung Tangguh Nusantara sendiri merupakan program pemerintah pusat diturunkan ke wilayah sampai tingkat lurah/desa dalam rangka penanganan covid-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi.

Dalam sambutannya, Yusnadi Ferianto, SE.MM selaku camat Wayhalim sedikit menjelaskan tujuan diadakannya launching kampung tangguh Nusantara untuk menjaga masyarakat Jagabaya 3 didalam pengendalian covid-19.

“Alhamdullilah pada hari ini kecamatan Way Halim Launching Kampung Tangguh Nusantara yang diwakili kelurahan Jagabaya III. terkait kampung tangguh ini tujuannya kita sama-sama menjaga masyarakat khususnya didalam hal pengendalian covid-19,” kata dia.

Lanjutnya, kegiatan ini harus kita dukung bersama-sama karna memang instruksi langsung dari Presiden melaui Mendagri, Kapolri, Gubernur dan Walikota yang harus diteruskan sampai ke tingkat bawah guna memutus rantai penyebaran covid-19.

“Ini tugas kita bersama harus kita dukung karna ini semua instruksi Presiden melalui Mendagri, Kapolri Gubernur dan Walikota. Covid-19 ini tidak akan selesai tanpa adanya kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dalam mencegah penyebarluasan wabah covid-19 di daerah kita,” tambahnya.

Yusnadi berharap dengan adanya kampung tangguh dikecamatan Wayhalim khususnya di kelurahan Jagabaya 3, agar masyarakat dapat bekerjasama untuk menurunkan angka Covid-19 di kota bandar Lampung.

Sambung dia, tujuan lain dalam kampung tangguh ini selain pengendalian covid-19 yaitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi.

“Kampung Tangguh Nusantara ini tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lingkungan baik dengan ketahanan pangan ekonomi kerakyatan. Meskipun wabah Covid-19 masih kita rasakan, mudah-mudahan ekonomi kita tetap baik,” tegasnya.

BACA JUGA:  Pendaftaran PPDB Kota Metro 2021, Berikut Penjelasan dari Plt. Kadis Dikbud Metro.

Ditempat yang sama, Danramil Mayor Inf Sutoto 410_04/TKT mengatakan hal yang sama bahwa tujuan Kampung Tangguh Nusantara untuk pencegahan agar penyebaran covid-19 ini bisa dikendalikan.

“Kita sedang berusaha dan berupaya sepertinya menghentikan penyebaran covid-19 ini belum berakhir artinya masih perlu kerja keras yang harus kita tingkatkan lagi. Kalau dulu kita ada istilah pencegahan covid-19 melalui patroli-patroli, sekarang kita tingkatkan melalui tindakan-tindakan yang langsung menyentuh pada masyarakat.

Dirinya juga berharap supaya penekanan pencegahan covid-19 ini bisa sampai selesai hingga tidak adalagi covid-19.

“Kita tidak tahu kapan waktu pandemi ini berakhir, kita bentuk namanya kampung tangguh Nusantara kita sambut baik kegiatan ini mudah-mudahan penyebaran covid 19 di wilayah Way Halim bisa dicegah sedini mungkin hingga hasilnya tidak adalagi masyarakat yang terkena virus Corona tersebut.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kapolsek Sukarame Kompol Warsito, semua itu dikerjakan guna melawan covid-19.

Program Kerja itu tidak lepas dari 3 Pilar yang ada di Kelurahan Jagabaya III, yaitu Bhabinkatibmas Aipda Rusdiansyah, S.Sos.,MH. Bhabinsa Serma Hairul Aminudin, dan Darwin Saleh, S.Sos selaku Lurah Jagabaya III.

Menurut Aipda Rusdiansyah,S.Sos.,MH. Terdapat 5 (Lima) Program Kerja dalam Kampung Tangguh Nusantara diantaranya Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, UMKM dan Pangan. Namun pada saat pandemi sekarang ini yang lebih dikedepankan adalah tangguh dalam bidang Kesehatan.

“Didirikannya Kampung Tangguh Nusantara ini tidak lepas dari dukungan masyarakat. Tak lupa kami mengharuskan di setiap rumah ada galon penampung air dan sabun untuk mencuci tangan. Kami mempersiapkan launching Kampung Tangguh Nusantara ini selama satu minggu,” tambahnya.

Dengan adanya program tangguh bidang kesehatan, Lurah Jagabaya III Darwin Saleh, S.Sos. mengharapkan angka covid-19 semakin menurun ditambah lagi memang sudah terbentuknya posko gugus tugas percepatan penanganan covid-19, selain itu pula disediakan rumah isolasi yang digunakan oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Riana Arinal Lakukan Terobosan Pemasaran Produk Batik via Instagram Live.

“Yang diharapkan dengan adanya launching Kampung Tangguh Nusantara ini untuk kedepan kita siap membantu pemerintah khususnya saat pandemi Covid-19 jangan sampai pasien semakin banyak, dan diharapkan bisa menekan angka covid-19,” pungkasnya. (A. Gani)