Mitra BUMD Pesawaran KUNKER Ke Mini Pabrik Pengolahan Coklat Andan Jejama.

Pesawaran,- (BN.Net) Dosen FAPERTA UIR Dr.Fahrial,SP.,SE.,ME.,M.Si bersama Umi Estika Dewi Darwis owner PT. ESPAN Pabrik Pupuk Organik ATS Andalan – Mitra BUMD pesawaran KUNKER Ke Mini Pabrik Pengolahan coklat Andan jejama di HORTIPARK. Kamis, (18/3/2021)

DIRUT BUMD Pesawaran Ahmad Muslimin,SE di dampingi Deputy General Manager Eksport Import dan Enterpreneur Sosial Najibullah,SE, Manager Produksi dan pabrik Ir.Wawan Murtian, ASMAN Produksi dan Pabrik Dita Anggraini, Manager Operasional, riset dan development Ir.Heri Budianto,MT, Deputy Branch Manager BUMD pesawaran kantor cabang Kabupaten pesawaran H.Zainudin, Kepala Gudang Syahrial dan Staff Gudang Sukri. Menyambut kunjunga kerja(KUNKER) Dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau(FAPERTA UIR) Dr.Fahrial,SP.,SE.,ME.,M.Si bersama Umi Estika Dewi Darwis Owner PT.Estika Permata Andalan(ESPAN) Produsen Pupuk Organik ATS Andalan di Pekanbaru-Riau yang telah kerjasama kemitraan dengan PERSERODA PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten Pesawaran. Dr.Fahrial dan Umi Estika juga di dampingi oleh Penggurus Pesantren Darul huffaz – Mitra BUMD pesawaran.

Setelah diskusi tentang penanganan coklat, padi serta komoditi lainnya dan optimalisasi potensi desa di kabupaten pesawaran dan Riau. Umi Estika mengaplikasikan pupuk organik ATS Andalan pada pohon coklat dan rumpun kapulaga di HORTIPARK.

Dr.Fahrial juga menjelaskan bahwa coklat yang di tanam di HORTIPARK merupakan bibit coklat unggul varietas MCC 01 dan MCC 02 yang bergentika genjah dan 5 hari kedepan setelah di beri pupuk organik ATS akan terlihat perubahan yang semakin baik dari daun, buah dan batang.

Adapun hasil diskusi adalah, sebagai berikut:
1.PT.ESPAN Siap pasarkan hasil produksi mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama yang di kelola BUMD Pesawaran baik di dalam negri maupun ke luar negri dengan negara tujuan utama adalah Brunai Darussalam dan negar jiran lainnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Provinsi Lampung Lakukan Upaya Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan

2.PT.ESPAN Memberi harga khusus untuk pupuk organik ATS andalan yang di distribusikan BUMD pesawaran ke masyarakat. Sehingga BUMD Pesawaran bisa menjual pupuk organik ATS kemasan 50kg, 5kg dan 1Kg dengan harga pabrik.

3.Dalam penangan padi PT.ESPAN membukakan jalur perdagangan beras Andan jejama produksi BUMD pesawaran ke tembilahan, Natuna dan kepulauan lain yang bisa di barter dengan kelapa. Kemudian BUMD pesawaran kantor cabang kabupaten pesawaran yang berlokasi di JL.Posyandu melati II desa Cimanuk, kecamatan waylima memproduksi kopra putih untuk di eksport ke India dan Bangladesh. Sedangkan kelapa bulat tanpa sabut di eksport ke Thailand. Termasuk menyerahkan hak jual pupuk organik ATS andaln ke daerah kepulauan di riau kepada BUMD pesawaran.

4.Dr.Fahrial akan membuka rumah coklat KAHUT – Andan Jejama di provinsi Riau. di Riau Beliau juga akan mengenalkan bibit unggul coklat stek klon MCC-01 dan MCC-02 yang telah di budidayakan oleh BUMDES Tunas Jaya Mekar – Mitra BUMD pesawaran di desa ceringin asri kecamatan wayratai.

5.Pesantren Darul Huffaz akan membuka gerai coklat KAHUT Andan jejama dan lemon huffaz di kantin pesantren Darul Huffaz. Kemudian kerjasama kemitraan yang telah di jalin dalam bidang diservikasi dan perawatan lemon hijau seluas 10Ha milik pesantren darul huffaz dengan BUMD pesawaran di tingkatkan jadi Marketing Coopertion Agreement.

Kebun lemon hijau darul huffaz mengunakan pupuk organik ATS andalan dengan hasil panen perpohon mencapai 100kg. Sebelum gunakan pupuk organik ATS andalan hanya mendapatkan hasil panen lemon hijau Perbatang pohon sebanyak 40kg.

6.PT.ESPAN akan mendatangkan investor dari Jepang Untuk menangani potensi yang di miliki dusun lubuk agung desa pulau Legundi kecamatan punduh pidada yang telah memiliki fasilitas ekstrasi air laut jadi garam konsumsi, garam industri, garam SPA, air garam dan biten. Sehingga perekonomian di desa pulau Legundi dapat tumbuh pesat dan menguatkan ekonomi daerah. Pangkas (A. Gani)

BACA JUGA:  Drs. Eko Dian Susanto, M.I.P. Melaksanakan Donor Darah Dalam Rangka Hari Ulang Tahun KORPRI Ke-52