BUMD Pesawaran dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama(LPPNU) Provinsi Sumatra Selatan tanda tanggani MoU.

207

Pesawaran,- {BN.Net} Ketua dan Sekretaris LPPNU Provinsi Sumatera Selatan Gus Fauzi dan Gus Nano kunjungan kerja ke Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD pesawaran.

Setelah diskusi tentang program Revolusi Ekonomi Pertanian Organik hoListik Untuk Sejahterakan Indonesia(REPOLUSI) turunan dari Business plan Akademia Desapolitan Indonesia(ADENDI) dengan DIRUT BUMD Pesawaran Ahmad Muslimin,SE di gedung kemilau pesawaran, kedua belah pihak bersepakat mengadakan kerjasama kemitraan antar daerah di multi sektor. Kemudian mereka makan malam dengan menu andalan caffe and resto kemilau pesawaran berupa lobster dan minuman coklat KAHUT 3 in 1. Setelah itu Gus Fauzi dan Gus nano menginap di homestay kemilau pesawaran.

Sabtu,26/12/2020 pagi hari Gus Fauzi dan Gus nano ke kantor pusat BUMD pesawaran di HORTIPARK. Setelah melihat mini pabrik pengolahan coklat Andan jejama, melihat aneka produk dan mendengar paparan aneka program turunan dari berbagai Business plan. Maka BUMD pesawaran dan LPPNU Provinsi Sumatera Selatan menanda tanggani Memorandum of Understanding tentang kerjasama di bidang; Pertanian, Teknologi, Industri, Perdagangan, Pariwisata-Ekonomi Kreatif dan Program REPOLUSI. Untuk menindak lanjuti MoU maka DIRUT BUMD Pesawaran pada 9 Januari 2021 akan kunjungan kerja ke LPPNU Sumatera Selatan. Di dampingi General Manager dan Deputy General Manager Eksport Import dan Enterpreneur sosial.

Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD pesawaran membuat program Revolusi Ekonomi Pertanian Organik hoListik Untuk Sejahterakan Indonesia(REPOLUSI) untuk menjawab aneka tantangan, problematika masyarakat dan dinamika yang akan terjadi di tahun 2021 dan tahun berikutnya.

ProgramREPOLUSI merupakan rangkuman progam-program turunan dari Business plan Akademia Desapolitan Indonesia yang telah di laksanakan pada sepanjang tahun 2020. adapun program – program di dalam Business plan ADENDI yang telah terlaksana adalah, sebagai berikut:

BACA JUGA:  Brimob Lampung Satu Regu Patroli Kompi 2b Pelopor Melaksanakan Giat Patroli C3.

1.Program Kapulaga Organik Makmurkan Petani Indonesia(KOMPI):

~>Branch manager BUMD pesawaran kantor cabang kabupaten pesawaran Aan Saputra,SH.Ti menciptakan lahan KOMPI seluas 200Ha di desa maja, kecamatan Marga punduh yang di kelola langsung oleh warga dusun tanggang.

~>Deputy General Manager Export Import dan Enterpreneur sosial BUMD pesawaran H.Zaenudin menciptakan lahan KOMPI seluas 50Ha di desa Cimanuk, kecamatan waylima dengan yang di kelola oleh 50KK warga desa Cimanuk yang memiliki aneka lahan pertanian.

2.Program Pekerja Ngabdi Sosial(PNS) Mitra BUMD pesawaran:
~>Menyerap 2.223 masyarakat di berbagai daerah jadi PNS Mitra BUMD pesawaran sebagai centra market transit offline dan online.

~>Mendidik para PNS Mitra BUMD Pesawaran dalam memproduksi;Pupuk Organik Cair Plus Multifungsi Andan jejama, Pupuk Organik Padat Tricocomposiana Andan jejama, Pestisida Nabati Andan jejama, Fungisida Bacterium Andan jejama.

~>Bersama para PNS Mitra BUMD Pesawaran Mendirikan Toko Sitani di JL.KH.Agus Salim, Kelurahan Kaliawi, kecamatan tanjung karang pusat.

~>Bersama para PNS Mitra BUMD pesawaran Mendirikan Gedung Kemilau Pesawaran di JL.Soekarno Hatta KM.115 di depan Hanjung, kelurahan Srengsem, kecamatan panjang – kota bandar lampung sebagai Kantor BUMD pesawaran dengan unit usaha; Homestay, Gallery, Caffe and Resto.

~>Bersama Para PNS Mitra BUMD pesawaran mendirikan kuliner malam Persit di kota bandar Lampung.

3.Program Rumah Kreatif, Inovatif, Tangguh Andan jejama(KITA):

Berdiri Rumah KITA di desa gunung sari sebagai rumah produksi mesin dan teknologi pertanian. Hasil produksi perdana adalah mesin pengolahan minyak Atsiri.

BerdiriRumah KITA di desa maja sebagai rumah produksi minyak Atsiri berbahan baku; Pala, Cengkeh, daun cengkeh, tangkai cengkeh, Sereh wanggi, Kapulaga, Vanili, kemiri, dan lainnya. Menggunakan mesin pengolahan minyak Atsiri produksi rumah KITA desa gunung sari.

BACA JUGA:  Kapolres Tulang Bawang Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana Alam Tahun 2020, Ini Amanatnya.

Manager teknologi dan IT BUMD pesawaran toni Pujianto,ST tengah meriset pembuatan robotic dan teknologi pertanian. “Yang nanti akan di pasang pada gedung kemilau pesawaran di HORTIPARK. Saat ini yang sedang di buat adalah robotic penyaji minuman, robotic sensor COVID19 and hand sanitalizer, pesawaran connecting dan teknologi lainnya,” ungkapnya (A. Gani)